Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Seekor Gajah Sumatra Ditemukan dalam Kondisi Terluka di Aceh Timur

Rabu, 28 Februari 2024 – 17:45 WIB
Seekor Gajah Sumatra Ditemukan dalam Kondisi Terluka di Aceh Timur - JPNN.COM
Arsip foto - Petugas medis BKSDA Aceh bersama dokter hewan dari FKL dibantu aparat kepolisian mengobati gajah liar yang terluka di Pante Kera, Simpang Jernih, Aceh Timur. (ANTARA/HO-Humas Polres Aceh Timur)

jpnn.com - BANDA ACEH - Seekor gajah Sumatra (elephas maximus Sumatranus) berjenis kelamin betina ditemukan dalam keadaan terluka di Desa Pante Kera, Kecamatan Simpang Jernih, Kabupaten Aceh Timur, Aceh. Kapolsek Simpang Jernih Ipda Maswelliadi mengatakan gajah betina tersebut diduga indukan.

"Luka terlihat antara lain di kaki, di pinggul, dan luka sobek di telinga sebelah kanan. Belum diketahui penyebab gajah liar itu terluka. Namun, dugaan sementara luka tersebut akibat perkelahian sesama gajah," katanya  di Aceh Timur, Rabu (28/2).

Menurut dia, sebelumnya atau pada Jumat (23/2) siang, terpantau kawanan gajah masuk ke perkebunan.

Kawanan tersebut terdiri enam individu, terdiri gajah jantan, induk betina, dan empat anak dengan ukuran badan bervariasi.

Tidak lama berselang, kata Maswelliadi, empat anak gajah dan jantan kembali ke kawasan hutan. Sementara, induk betina dilaporkan tetap berada di perkebunan tersebut.

Mengetahui adanya gajah liar di perkebunan, warga menginformasikan kepada keuchik (kepala desa) Pante Kera. Selanjutnya, informasi tersebut diteruskan ke kepolisian.

Setelah menerima informasi ada gajah di perkebunan warga, kata Maswelliadi, pihaknya berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh dan tim dari Forum Konservasi Leuser (FKL), lembaga yang fokus pada pelestarian satwa dilindungi.

Keesokan harinya, tim gabungan didampingi aparat kepolisian menuju ke lokasi atau perkebunan tersebut guna mengecek dan hendak melakukan pengusiran. "Namun, gajah betina itu ditemukan dalam kondisi terluka," kata Maswelliadi.

Seekor gajah Sumatra berjenis kelamin betina ditemukan dalam kondisi terluka di Aceh Timur, Aceh. Gajah liar itu diduga indukan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close