Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Seekor Harimau Sumatra Masuk Perangkap di Aceh Selatan

Senin, 25 Juli 2022 – 23:15 WIB
Seekor Harimau Sumatra Masuk Perangkap di Aceh Selatan - JPNN.COM
Harimau sumatra masuk kandang jebak di Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan, Senin (25/7/2022). ANTARA/HO

jpnn.com, BANDA ACEH - Upaya pemasangan perangkap harimau di Kecamatan Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan, Aceh, tidak sia-sia. Perangkap tersebut dipasang khusus untuk menangani gangguan harimau di daerah itu. 

Balai Konservasi Sumber Daya Alam Aceh menyatakan seekor harimau sumatra (panthera tigris sumatrae) masuk perangkap di Kecamatan Tapaktuan, Senin (25/7) sekitar pukul 07.30 WIB. 

“Konflik harimau sumatra di Kecamatan Tapaktuan berlangsung sejak Juni 2022. Hingga akhirnya satu individu harimau ditemukan masuk perangkap di Desa Lhok Bengkuang, Kecamatan Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan, pada Senin (25/7) sekitar pukul 07.30 WIB,” kata Kepala BKSDA Aceh Agus Arianto di Banda Aceh, Senin (25/7). 

Dia mengatakan harimau sumatra tersebut akan diobservasi dan dilakukan pemeriksaan medis lengkap sebelum dilepasliarkan kembali ke habitatnya. Saat ini, lanjut Agus, tim dokter hewan sedang menuju ke lokasi. 

“Survei lokasi pelepasliaran juga akan dilakukan secara paralel bersama dengan tim dari Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser," ungkapnya. 

Agus Arianto mengatakan konflik atau gangguan harimau di Kabupaten Aceh Selatan berlangsung sejak dua bulan terakhir. Lokasi gangguan di antaranya di Desa Batu Itam dan Desa Lhok Bengkuang, Kecamatan Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan.

Konflik harimau sumatra tersebut, lanjutnya, sudah menimbulkan interaksi negatif, yaitu memangsa ternak kambing milik masyarakat. Sejak konflik berlangsung, sembilan ekor kambing milik masyarakat dimangsa satwa dilindungi tersebut.

Dia mengatakan BKSDA bersama Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser bekerja sama dengan mitra melakukan berbagai upaya, antara lain, sosialisasi, patroli, pemasangan kamera pemantau di lokasi konflik.

Seekor harimau sumatra masuk perangkap di Aceh Selatan. Harimau tersebut akan diobservasi dan pemeriksaan medis lengkap sebelum dilepasliarkan ke habitatnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close