Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Segera Hadir di Sumbar, Gernas BBI Dorong Digitalisasi UMKM

Senin, 11 April 2022 – 22:58 WIB
Segera Hadir di Sumbar, Gernas BBI Dorong Digitalisasi UMKM - JPNN.COM
Kota Bukittinggi dipilih menjadi lokasi peluncuran Gernas BBI di Sumatera Barat yang bakal digelar besok, Selasa (14/4). Foto: Antara/Alfatah

jpnn.com, JAKARTA - Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) di Sumatera Barat akan diluncurkan pada Selasa, 12 April. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendapat kepercayaan sebagai movement manager Gernas BBI di Provinsi Sumbar ini.

Ketua Dewan Komioner OJK Wimboh Santoso yang juga wakil ketua Tim Gernas BB mengungkapkan, rangkaian kegiatan berfokus pada pengembangan keahlian digital pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), serta kualitas produknya.

"Kegiatannya berlangsung selama tiga bulan yang dimulai dengan peluncuran program di Bukittinggi pada 12 April 2022," kata Wimboh Santoso dalam siaran pers, Senin (11/4).

Dalam kegiatan bertema Maju Berkah Basamo UMKM itu akan menonjolkan produk-produk unggulan dari pelaku UMKM yang sudah lolos kurasi yang dilakukan Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Wimboh mengungkapkan, tidak hanya pameran dan bazar produk dari UMKM Sumatera Barat, tetapi juga mendorong kemajuan mereka dengan digitalisasi dalam mengembangkan usahanya serta mengarahkan untuk membangun KUR Klaster.

OJK, lanjutnya, telah mengeluarkan berbagai program untuk menyediakan pembiayaan UMKM melalui Industri Jasa Keuangan (IJK) seperti Bank Wakaf Mikro, Laku Pandai, Digiku, KUR Digital, KUR Klaster. Ada juga Securities Crowd Funding, pemberian alternatif pemasaran melalui UMKM-MU, dan pendirian kampus UMKM Bersama.

Sebelumnya, pada 15 – 21 November 2021, setelah ditunjuk sebagai wakil ketua Gernas BBI, OJK bersama IJK telah melakukan kolaborasi kampanye bersama di Provinsi Sumatera Utara dengan tema UMKM Toba Vaganza.

Lebih lanjut dipaparkan Wimboh, kegiatan Maju Berkah Basamo UMKM akan digelar selama 3 bulan pada sejumlah kota di Sumatera Barat. Kegiatan ini didukung perbankan seperti BRI, BNI, Bank Nagari, Bank Syariah Indonesia, dan BTN hingga Juni 2022.

Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia atau Gernas BBI akan diluncurkan besok di Bukit Tinggi Sumbar memprioritaskan pada penguatan UMKM

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close