Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sehari Biasa Pasang Lima Ring Jantung

Senin, 27 Mei 2013 – 18:31 WIB
Sehari Biasa Pasang Lima Ring Jantung - JPNN.COM
SURABAYA - Angka kejadian pasien jantung memang semakin terlihat. Hal tersebut bisa terjadi karena awareness masyarakat yang tinggi dalam melakukan deteksi dini dan gaya hidup buruk yang semakin menjadi-jadi. Tak heran, banyak orang yang harus melakukan operasi pemasangan stent atau ring.

Hal itu disampaikan pakar kardiologi intervensi dari Malaysia dr Soo Chee Siong dalam seminar kesehatan jantung sehat yang dihelat Paguyuban Masyarakat Tionghoa Surabaya Senin (27/5). Dokter yang akrab disapa Soo tersebut menuturkan, dalam sehari di Malaysia atau Singapura, rata-rata dirinya bisa melakukan operasi pemasangan ring lima kali.

Bahkan, dalam sehari Soo pernah melakukan sepuluh operasi pasang ring. Ketika ditanya rata-rata usia pasien penderita jantung koroner (PJK) di Malaysia dan Singapura, Soo menjawab bahwa penyakit itu tidak mengenal usia. Usia pasien pasang ring jantung termuda yang pernah ditanganinya adalah 18 tahun. "Dia remaja laki-laki. Dia punya riwayat sebagai perokok dan kolesterolnya tinggi," jelasnya.

Soo menambahkan, kini semakin banyak orang yang mencari ring generasi keempat. Namanya bioresorbable vascular scaffold (BVS). Sebenarnya, teknologi tersebut sudah bisa diakses di Surabaya. Hanya, masih banyak warga yang belum mengetahuinya. Karena itu, mereka mencari di Malaysia dan Singapura.

SURABAYA - Angka kejadian pasien jantung memang semakin terlihat. Hal tersebut bisa terjadi karena awareness masyarakat yang tinggi dalam melakukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close