Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sejumlah Wilayah Rawan Tanah Longsor, BPBD Minta Warga DKI Jakarta Waspada

Rabu, 06 April 2022 – 20:15 WIB
Sejumlah Wilayah Rawan Tanah Longsor, BPBD Minta Warga DKI Jakarta Waspada - JPNN.COM
Kepala BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji mengimbau warga untuk berhati-hari terhadap potensi tanah longsor akibat curah hujan yang tinggi. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Isnawa Adji mengimbau warga untuk berhati-hari terhadap potensi tanah longsor akibat curah hujan yang tinggi.

Isnawa bilang sepanjang 2017 hingga 2021 terdapat sebanyak 55 kejadian tanah longsor di Jakarta.

Peristiwa tersebut paling banyak terjadi di wilayah Jakarta Selatan (34 kejadian), Jakarta Timur (21 kejadian). Adapun detail wilayah kelurahan yang paling banyak mengalami tanah longsor di Srengseng Sawah (6 kejadian) dan Ciganjur (4 kejadian).

”Bukan berarti seluruh wilayah kecamatan tersebut masuk ke dalam kategori rawan, namun, hanya pada wilayah tertentu yang berada pada kawasan lereng di tepi kali atau sungai saja,” ucap Isnawa saat dihubungi, Rabu (6/4).

Dia menjelaskan tanah longsor bisa terjadi karena berbagai macam pemicu seperti curah hujan, gempa bumi, erosi, hingga aktivitas manusia.

Masyarakat dapat mengetahui ciri-ciri tanah longsor yang ada di sekitar, seperti lapisan tanah atau batuan yang miring ke arah luar, retakan tanah yang membentuk tapal kuda, rembesan air pada lereng, pohon dengan batang yang terlihat melengkung, dan perubahan kemiringan lahan yang sebelumnya landai menjadi curam. 

BPBD DKI mengimbau masyarakat terutama yang berada di sekitar kawasan kali atau sungai untuk tidak membangun rumah di atas atau bibir tebing, tidak mendirikan bangunan di sekitar sungai.

Hal itu untuk mengantisipasi jika terjadi tanah longsor.

Kepala BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji mengimbau warga untuk berhati-hari terhadap potensi tanah longsor akibat curah hujan yang tinggi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close