Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sekjen DMI Ingatkan Jaga Jarak Saat Salat Berjemaah di Masjid

Jumat, 05 Juni 2020 – 16:10 WIB
Sekjen DMI Ingatkan Jaga Jarak Saat Salat Berjemaah di Masjid - JPNN.COM
Presiden Joko Widodo bersama dengan Ibu Negara Iriana dan keluarga melaksanakan salat Idulfitri 1441 Hijriah di halaman depan Wisma Bayurini, Istana Kepresidenan Bogor, Minggu (24/5) pagi. Foto: Biro Pers Sekretariat Negara 

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI) Imam Addaruqutni berharap salat berjemaah di masjid bisa diselenggarakan dengan mengikuti protokol kesehatan pada masa new normal.

Misalnya, kata dia, para jemaah melaksanakan salat dengan memperhatikan jaga jarak. Jarak antarjemaah bisa dibatasi satu meter.

"Jadi kami tetap menyampaikan pesan saf rapat itu sangat relatif, dalam arti berkaitan dengan persoalan yang menjadi kendala, ini ada ancaman COVID-19, penularan dengan jarak minimal satu meter. Maka saf satu meter kami sebut sudah rapat," ucap Imam dalam diskusi virtual yang disiarkan akun Youtube BNPB Indonesia, Jumat (5/6).

Menurut dia, saf salat belum bisa rapat dengan menempel badan antarjemaah. Salat perlu disesuaikan dengan cara baru demi mencegah penularan COVID-19.

"Jadi bukan harus nempel badan dan sebagainya seperti sebelumnya. Ini new normal, kami katakan begitu, kebiasaan baru yang tidak terjadi pada kebiasaan sebelumnya," ungkap dia.

Menurut Imam, masjid juga perlu menyediakan hand sanitizer yang bisa digunakan jemaah sebelum memulai salat.

Jika diperlukan, lanjut dia, terdapat petugas yang melakukan pemeriksaan suhu tubuh dengan menggunakan thermo gun, sebelum jemaah memasuki masjid.

"Thermo gun kalau ada. Kalau tidak ada, para takmir masjid memegang peran kunci di situ, untuk selalu memberikan peringatan kepada jemaah," ujar dia. (mg10/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

Sekretaris Jenderal Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI) Imam Addaruqutni berharap salat berjemaah di masjid bisa diselenggarakan dengan mengikuti protokol kesehatan

Redaktur & Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close