Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sekolah Diminta Memberdayakan Guru Honorer Gegara Banyak Pengajar yang Pensiun

Selasa, 22 Maret 2022 – 07:56 WIB
Sekolah Diminta Memberdayakan Guru Honorer Gegara Banyak Pengajar yang Pensiun - JPNN.COM
Rezza Pakhlevie, Kepala Disdikbud Rejang Lebong. ANTARA/dokumentasi

jpnn.com, REJANG LEBONG - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu, meminta agar sekolah-sekolah di daerah itu untuk memberdayakan guru honorer untuk mengatasi kekurangan pengajar.

Menurut Kepala Disdikbud Rejang Lebong Rezza Pakhlevie, jumlah guru yang bertugas di daerah itu saat ini terus berkurang karena banyak yang pensiun, meninggal dunia, dan pindah ke luar daerah.

"Untuk meminimalisir kekurangan guru di setiap sekolah yang ada di Kabupaten Rejang Lebong, kami sudah minta pihak sekolah untuk memberdayakan guru honorer yang ada di sekolah masing-masing," ujar dia.

Rezza menyebut pemberdayaan guru honorer bisa dilakukan dengan memberikan pelatihan-pelatihan sebagai pendidik, baik yang diselenggarakan pemerintah daerah maupun provinsi sehingga mereka memiliki kompetensi.

Selain itu, Disdikbud Rejang Lebong juga sudah tidak memberikan rekomendasi kepada guru yang akan pindah tugas ke luar daerah.

Hal itu sesuai dengan instruksi Bupati Rejang Lebong yang melarang pemberian rekomendasi bagi guru yang mengajukan pindah tugas.

"Larangan pemberian rekomendasi dan izin untuk guru yang ingin pindah ini agar jumlah ketersediaan tenaga pengajar tidak makin berkurang," ungkap Rezza.

Dia pun memerinci jumlah guru yang ada di daerah itu saat ini tercatat mencapai 5.000 orang. Baik di TK, SD, dan SMP sederajat.

Kepala Disdikbud Rejang Lebong Rezza Pakhlevie minta sekolah memberdayakan guru honorer karena guru PNS banyak yang pensiun.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close