Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sektor Otomotif Tambah Porsi Local Content

Senin, 13 Oktober 2008 – 15:37 WIB
Sektor Otomotif Tambah Porsi Local Content - JPNN.COM
JAKARTA - Gejolak fluktuasi nilai tukar rupiah direspon oleh pelaku usaha di sektor otomotif. Caranya, dengan menambah komponen lokal (local content). Kondisi ini, menurut Ketua Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Bambang Trisulo, bisa membuka peluang bagi industri penunjang dalam negeri. ''Ini peluang besar bagi industri domestik,'' ujar Bambang kepada Jawa Pos.

Menurut dia, dalam kondisi seperti sekarang dimana nilai tukar rupiah cenderung melemah, pelaku usaha akan memilih untuk menambah local content guna menjaga arus kas. ''Ini juga yang akan dilakukan industri otomotif,'' jelasnya.

Saat ini, lanjut dia, local content produk otomotif terutama mobil, sebenarnya sudah cukup tinggi. Untuk beberapa produk jenis multi purpose vehicle (MPV), local content-nya sudah mencapai kisaran 80 hingga 90 persen. Namun, untuk beberapa produk jenis sedan, local content masih di bawah 50 persen.

Bambang menambahkan, upaya meningkatkan porsi local content harus diimbangi dengan kemampuan suplai dari industri penunjang dalam negeri. ''Artinya, saat permintaan industri otomotif naik, maka kapasitas produksi supplier juga harus naik. Nah, dalam hal ini, pemerintah harus bisa mendorong ekspansi, tentunya dengan membantu akses pendanaan bagi industri menegah dan kecil,'' terangnya.

JAKARTA - Gejolak fluktuasi nilai tukar rupiah direspon oleh pelaku usaha di sektor otomotif. Caranya, dengan menambah komponen lokal (local content).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close