Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Selama Masa Mudik Lebaran, PLN Menyiagakan 1.124 SPKLU

Minggu, 31 Maret 2024 – 07:01 WIB
Selama Masa Mudik Lebaran, PLN Menyiagakan 1.124 SPKLU - JPNN.COM
Ilustrasi - Penggunaan fitur "electric vehicle" pada aplikasi PLN Mobile di salah satu stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU). ANTARA/HO-PLN

jpnn.com - JAKARTA - PT PLN (Persero) menyiagakan 1.124 stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) selama masa mudik Lebaran 2024. Sebanyak 1.124 SPKLU yang disiagakan itu tersebar di seluruh Indonesia.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan pihaknya terus berkomitmen untuk mendukung ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Menurut dia, PLN bersama mitra di masa mudik Lebaran 2024 memastikan SPKLU dalam kondisi siap melayani para pemudik yang menggunakan kendaraan listrik.

"PLN bersama mitra telah menyiapkan SPKLU yang tersebar di seluruh Indonesia dengan total sebanyak 1.124 unit, bahkan khusus untuk jalur mudik utama,  seperti tol Trans Sumatra-Jawa akan ada tambahan 100 unit SPKLU," ujar Darmawan melalui keterangannya di Jakarta, Sabtu (30/3).

Darmawan mengatakan PLN telah menempatkan unit SPKLU pada beberapa titik utama arus mudik di Sumatra, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara hingga Papua.

"PLN telah memetakan secara cermat terkait sebaran SPKLU tersebut, seperti di tol Trans Sumatera-Jawa, rata-rata jarak antar SPKLU adalah sekitar 23 km. Ini sangat aman untuk melayani kebutuhan kendaraan listrik yang rata-rata jarak tempuhnya antara 300-500 km," katanya.

Darmawan menjelaskan selama masa siaga tersebut, PLN juga mengerahkan 3.504 pegawai yang akan siap selama 24 jam nonstop di SPKLU tersebar. PLN juga telah menyiagakan SPKLU mobile yang dapat bergerak dalam melayani pengguna kendaraan listrik di lokasi yang belum terjangkau SPKLU konvensional.

"Selain SPKLU, PLN juga menyiapkan stasiun penukaran baterai kendaraan listrik umum (SPBKLU) untuk kendaraan listrik roda dua dengan bekerja sama dengan para mitra. Terdapat 1.839 unit SPBKLU di seluruh Indonesia yang telah tersedia," imbuh Darmawan.

Selain itu, PLN juga menyiagakan stasiun pengisian listrik umum (SPLU) sebanyak 9.771 unit untuk pengisian daya motor listrik. Adapun untuk mengetahui titik-titik rinci lokasi SPKLU, SPBKLU, dan SPLU tersebut, pelanggan bisa mengakses melalui aplikasi PLN mobile. (antara/jpnn)

PT PLN (Persero) menyiagakan 1.124 stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) selama masa mudik Lebaran 2024

Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close