Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Selamat karena Jadi Gudang dan Kandang Kuda Nazi

Jumat, 08 Juni 2012 – 05:02 WIB
Selamat karena Jadi Gudang dan Kandang Kuda Nazi - JPNN.COM
Polandia menjadi salah satu basis utama sasaran pembantaian etnis Yahudi oleh pasukan Nazi Jerman dalam Perang Dunia II. Ribuan sinagog di Warsawa luluh lantak hingga rata dengan tanah. Nozyk Sinagog di pusat kota Warsawa merupakan satu-satunya tempat ibadah Yahudi yang selamat.

     

Letak sinagog hanya beberapa meter dari pusat kota. Dari lapangan Defilad tempat Fan Zone Warsawa dibuka, cukup lima menit berjalan kaki. Namun, meskipun berada di tengah kota, letaknya cukup rumit karena berada di gang kecil di belakang gedung utama Jalan Twarda.

     

Sinagog berusia tepat 110 tahun sejak rampung dibangun pada 1902. Ukurannya tidak terlalu besar. Luasnya sekitar 300 meter persegi dengan daya tampung sekitar 100-200 orang. "Sinagog ini termasuk sinagog ukuran sedang. Sebelum Perang Dunia II, banyak sinagog yang lebih besar dari ini," kata Michael Roberts, salah satu jemaat Yahudi yang menemani Jawa Pos berkeliling.

     

Sinagog berdiri hanya dua lantai. Lantai dua digunakan untuk jemaat perempuan dan lantai satu untuk jemaat pria. Lantai dua hanya berupa balkon yang membuat jemaat perempuan bisa melihat langsung ke hall utama tempat ibadah digelar.

     

Polandia menjadi salah satu basis utama sasaran pembantaian etnis Yahudi oleh pasukan Nazi Jerman dalam Perang Dunia II. Ribuan sinagog di Warsawa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA