Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Selangkangan Sering Gatal? Ketahui 5 Penyebabnya

Rabu, 26 Juni 2019 – 23:53 WIB
Selangkangan Sering Gatal? Ketahui 5 Penyebabnya - JPNN.COM
Ilustrasi. MS V. Foto Women Health

jpnn.com - Kalau cuma gatal di tangan, kaki, atau kepala, mungkin Anda tak akan malu untuk menggaruknya. Beda halnya jika yang gatal adalah selangkangan. Tak mungkin, dong, asyik menggaruknya di depan umum, apalagi jika gatal-gatal berlangsung lama.

Daripada sibuk mencari tempat tersembunyi untuk menggaruknya tanpa harus merasa malu kalau ketahuan, lebih baik cari tahu penyebabnya agar bisa diatasi.

Beberapa kemungkinan penyebab selangkangan Anda terasa gatal antara lain:

1. Infeksi jamur

Salah satu penyebab tersering gatal di selangkangan adalah infeksi jamur. Coba inspeksi kulit selangkangan Anda, apakah permukaan kulit yang gatal-gatal tampak bersisik?

Jika ya, dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter mengatakan, bisa jadi penyebabnya adalah infeksi jamur dermatofita atau candida.

Selain gatal dan agak bersisik, gejala lain yang dapat timbul adalah munculnya bintil-bintil kemerahan atau lenting yang berisi nanah. Semakin area itu digaruk, kulit pun semakin menebal.

Selangkangan termasuk bagian tubuh yang mudah lembap, sehingga mudah pula terinfeksi jamur. Oleh sebab itu, sering-seringlah mengganti celana (terutama celana berbahan jeans) dan sebisa mungkin tidak mengenakan celana yang terlalu ketat agar kulit bisa “bernapas” dengan baik.

Daripada sibuk mencari tempat tersembunyi untuk menggaruk selangkangan tanpa harus merasa malu kalau ketahuan, lebih baik cari tahu penyebabnya agar bisa diatasi.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close