Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Seleksi PPPK 2021, Kemendikbud Menjawab soal Tes Bakat Skolastik, Jelaskan 4 Materi

Kamis, 15 April 2021 – 10:54 WIB
Seleksi PPPK 2021, Kemendikbud Menjawab soal Tes Bakat Skolastik, Jelaskan 4 Materi - JPNN.COM
Dirjen GTK Kemendikbud Iwan Syahril menjelaskan soal rekrutmen guru PPPK 2021. Ilustrasi Foto: humas Kemendikbud

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memastikan tidak ada tes bakat skolastik dalam seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja atau PPPK.

Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud Iwan Syahril menyatakan peserta tes hanya diberikan empat materi saja.

"Enggak ada tes bakat (skolastik)," kata Iwan Syahril kepada JPNN.com, Kamis (15/4).

Iwan menjelaskan bahwa dalam seleksi guru PPPK yang dimulai tahap pertama pada Agustus mendatang, masing-masing guru honorer hanya diujikan empat materi.

Keempat materi itu yakni kompetensi bidang disesuaikan mata pelajaran; manajerial; sosiokultural; dan pertanyaan wawancara yang dijawab secara tertulis.

Jumlah soal untuk masing-masing materi tersebut yang paling banyak terkait kompetensi bidang yaitu 80 sampai 100 butir, manajerial 30 butir, sosio-kultural 20 butir, dan tes wawancara 10 butir soal.

"Masing-masing peserta mendapatkan jumlah butir soal 140-160 soal," ujar Iwan.

Dia pun mengimbau seluruh guru honorer untuk fokus mempelajari seri belajar mandiri calon guru ASN PPPK yang disiapkan Kemendikbud. Tidak usah terpengaruh dengan informasi adanya bimbel skolastik.

"Kemendikbud akan selalu meng-update informasi seleksi PPPK. Jadi jangan mudah percaya dengan informasi yang tidak jelas sumbernya," ucap Iwan.

Kemendikbud merespons isu tentang tes bakat skolastik dalam seleksi PPPK 2021 yang bikin heboh guru honorer, tolong simak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close