Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Seluruh Calon Haji Dijamin Wukuf

Minggu, 14 November 2010 – 06:48 WIB
Seluruh Calon Haji Dijamin Wukuf - JPNN.COM
ARAB SAUDI - Pemerintah menjamin seluruh calon jamaah haji Indonesia yang sehat maupun sakit akan diberangkatkan untuk menjalani wukuf di Arafah mulai hari ini. Sedangkan jamaah calon haji yang meninggal diperintahkan untuk di "badal" hajikan oleh petugas. "Jamaah yang menjalani rawat inap akan di safari wukufkan. Yang wafat harus di badal hajikan," ujar Amirul Haj yang juga Menteri Agama, Suryadharma Ali kemarin (13/11). Kementerian Agama mempunyai kebijakan semua jamaah haji dalam kondisi apapun harus bisa melaksanakan wukuf yang merupakan puncak ibadah haji itu.

Hingga Jumat (12/11), jamaah Haji yang wafat di Tanah Suci sebanyak 91 orang, terdiri dari 59 pria dan 32 orang wanita. Penyebabnya, paling banyak karena penyakit sistem sirkulasi 69 orang, 12 orang karena penyakit sistem pernapasan, 8 orang karena penyakit infeksi, 1 orang karena penyakit neoplasma, dan 1 orang karena penyakit system syaraf.

Usia jemaah yang wafat terbanyak di atas 60 tahun sebanyak 58 orang, berusia 50-59 tahun sebanyak 26 orang, usia 40-49 tahun sebanyak 7 orang. Tempat jemaah wafat, 59 orang di Mekkah, 28 orang di Madinah, 3 orang di perjalanan, dan 1 orang di Jeddah.

Asal embarkasi jemaah yang wafat, Bekasi (Jabar) 21 orang, Ujungpandang 11 orang, Solo 11 orang, Surabaya 10 orang, Jakarta 8 Orang, Medan 8 orang, Batam 6 orang, Banjarmasin 4 orang, Padang 4 orang, Banda Aceh 3 orang, Palembang 2 orang dan BPIH Khusus 2 orang.

ARAB SAUDI - Pemerintah menjamin seluruh calon jamaah haji Indonesia yang sehat maupun sakit akan diberangkatkan untuk menjalani wukuf di Arafah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA