Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Semangat Kolaborasi Wujudkan Rekor Pagelaran Angklung Terbesar Dunia di Guinness World Records

Senin, 07 Agustus 2023 – 11:11 WIB
Semangat Kolaborasi Wujudkan Rekor Pagelaran Angklung Terbesar Dunia di Guinness World Records - JPNN.COM
Indonesia berhasil memecahkan Guinness World Records melalui pagelaran angklung terbesar di dunia yang diikuti oleh 15.110 peserta di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (5/8). Foto: Dokumentasi Humas Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia berhasil memecahkan Guinness World Records (GWR) melalui pagelaran angklung terbesar di dunia yang diikuti oleh 15.110 peserta di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (5/8).

Pagelaran akbar itu turut dihadiri Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Ma’ruf Amin, dan sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju.

Melalui dua lagu medley ''Berkibarlah Benderaku', dan 'Wind of Change' yang dimainkan selama tujuh menit, seluruh peserta berhasil menyuguhkan harmoni musik yang indah.

Penilai resmi dari GWR, Sonia Ushirogochi sebelumnya menyampaikan pengumuman hasil, mengapresiasi bahwa pagelaran ini menyuguhkan harmoni dari instrumen musik angklung yang indah dan hasil kerja tim yang luar biasa.

Saat pengumuman hasil, Sonia mengonfirmasi pemecahan rekor tersebut berhasil dilakukan dengan jumlah peserta 15.110 orang. Rekor dunia untuk pagelaran angklung terbesar sebelumnya tercipta di Monumen Washington, Washington D.C., Amerika Serikat, pada 9 Juli 2011 dengan melibatkan 5.182 peserta.

"Per bulan lalu, Indonesia memiliki 124 Guinness World Records. Jakarta punya 13 rekor. Saya dapat pastikan bahwa dengan 15.110 peserta, Anda (Indonesia) telah mencapai pemecahan rekor," kata Sonia Ushirogochi membacakan hasilnya disambut riuh tepuk tangan seisi stadion.

Ketua panitia Tri Tito Karnavian yang merupakan Ketua Umum Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) mengungkapkan pagelaran ini merupakan prakarsa langsung Ibu Negara Iriana Joko Widodo untuk melestarikan alat musik angklung dan mendukung para seniman yang sempat terdampak saat pandemi.

"Upaya ini bukanlah hal yang mudah, ini adalah perjuangan dari seluruh pihak yang terlibat. Keberhasilan hari ini adalah hadiah untuk ulang tahun Republik Indonesia ke-78," ungkap Tri.

Indonesia berhasil mewujudkan rekor pagelaran angklung di dunia di Guinness World Records

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close