Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Semen Gresik BUMN Multinasional

Akuisisi Pabrik Semen Vietnam

Kamis, 15 November 2012 – 12:02 WIB
Semen Gresik BUMN Multinasional - JPNN.COM
JAKARTA - PT Semen Gresik Tbk (SMGR) mengukuhkan diri sebagai badan usaha milik negara (BUMN) multinasional. Penguasa pangsa pasar industri semen di Indonesia itu mengawali ekspansinya ke pasar global dengan mengakuisisi perusahaan semen di Vietnam.

 

Penandatanganan kesepakatan penjualan dan pembelian bersyarat (CSPA) itu dilakukan kemarin (14/11) dengan Ha Noi General Export-Import Joint Stock Company (Geleximco), Vietnam, di Kantor Kementerian BUMN. Setelah proses akuisisi tuntas, Semen Gresik menjadi pemegang saham terbesar di Thang Long Cement (anak usaha Geleximco). Tuntasnya transaksi tersebut bergantung pada pemenuhan persyaratan yang disepakati antara SMGR dan Geleximco yang diharapkan dapat diselesaikan pada pertengahan Desember 2012.

 

Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan, aksi korporasi SMGR itu kental dengan aroma sejarah. Tentang kisah pernikahan raja Majapahit dengan putri Campa. "Hampir seribu tahun lalu Kerajaan Majapahit kawin dengan Vietnam. Disebut juga raja Majapahit menikah dengan putri Campa. Sekarang terjadi perkawinan kedua. Kebetulan tempatnya Kerajaan Majapahit dulu dekat sekali dengan pabrik Semen Gresik di Gresik dan pabrik yang di Vietnam itu dekat dengan Campa. Saya sering ke Vietnam," papar Dahlan.

 

Menteri BUMN juga menegaskan bahwa saat ini merupakan momen bagi BUMN untuk melakukan aksi beli, terutama kepada perusahaan asing. Sudah bukan lagi musimnya jual BUMN. "Kalau dulu memang BUMN kita sempat dijual-jual karena kondisinya memang sangat sulit. Bahkan, untuk gaji pegawai negeri saja susah. Sekarang saatnya beli, beli, dan beli," tegasnya.

 

JAKARTA - PT Semen Gresik Tbk (SMGR) mengukuhkan diri sebagai badan usaha milik negara (BUMN) multinasional. Penguasa pangsa pasar industri semen

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA