Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Semoga Pak Jokowi Sadar untuk Kembali ke Hati Rakyat daripada Kena Racun Kekuasaan

Selasa, 31 Oktober 2023 – 16:43 WIB
Semoga Pak Jokowi Sadar untuk Kembali ke Hati Rakyat daripada Kena Racun Kekuasaan - JPNN.COM
Presiden Joko Widodo dan putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka. Foto: M Fathra Nazrul/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Peneliti dari Pusat Kajian Komunikasi Publik Universitas Trunojoyo Madura Surokim Abdus Salam menilai anggapan tentang Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkena toxic relationship boleh jadi benar adanya.

Penilaian tentang Presiden Ketujuh RI itu terkena toxic relationship Orde Baru atau Orba datang dari politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Aria Bima.

Surokim menuturkan Presiden Jokowi tampak menikmati permainan kekuasaan sehingga tidak sadar telah terseret oleh elite yang membawa kepentingan pragmatis.

“Sepertinya (Jokowi) terlalu larut menikmati permainan kekuasaan elite hingga tak sadar terseret pelan-pelan arus yang membawanya pada pusaran kekuasaan elitis pragmatis,” ujar Surokim saat dihubungi, Selasa (31/10/2023).

Peneliti Surabaya Survey Center (SSC) itu menambahkan seharusnya Presiden Jokowi menjalankan kekuasaan sebagaimana harapan publik.

Kekuasaan yang ada di hati masyarakat bawah, kata Surokim, semestnya menjadi modal bagi Jokowi untuk menjaga muruahnya.

Sayangnya, kata Surokim, mantan wali kota Surakarta itu justru tidak bersikap dan bertindak seperti harapan rakyat bawah. “….pelan-pelan (harapan masyarakat) malah diingkari,” imbuhnnya.

Surokim menambahkan kekuasaan ibarat candu yang membuat pemegangnya kecanduan sehingga mempertahankannya dengan berbagai cara.

Kekuasaan ibarat candu yang membuat pemegangnya kecanduan sehingga mempertahankannya dengan segala cara. Semoga Jokowi menjadi negarawan yang tidak haus kuasa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close