Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sempat Ditutup Sementara, Bandara Abdulrachman Saleh di Malang Dibuka Kembali

Jumat, 12 Januari 2024 – 14:37 WIB
Sempat Ditutup Sementara, Bandara Abdulrachman Saleh di Malang Dibuka Kembali - JPNN.COM
Sejumlah calon penumpang pada saat akan memasuki terminal Bandara Abdulrachman Saleh, di Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Jumat (12/1/2024). ANTARA/Vicki Febrianto.

jpnn.com - MALANG - Bandara Abdulrachman Saleh di Kabupaten Malang, Jawa Timur, kembali beroperasi setelah ditutup sementara.

Sebelumnya, penutupan sementara dilakukan sebagai dampak dari sebaran abu vulkanis Gunung Semeru yang mengalami erupsi, pada Kamis (11/1).

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bandara Abdulrachman Saleh Purwo Cahyo Widhiatmoko mengatakan bandara itu sempat ditutup selama kurang lebih dua jam akibat terdampak sebaran abu vulkanik Gunung Semeru.

“Aktivitas penerbangan di Bandara Abd Saleh Malang mulai pukul 09.00-11.00 WIB ditutup dengan alasan keselamatan penerbangan," kata Purwo  di Pakis, Kabupaten Malang, Jumat (12/1).

Purwo menjelaskan, keputusan untuk kembali membuka Bandara Abdulrachman Saleh Malang tersebut dilakukan setelah dilakukan pemantauan terkait sebaran abu vulkanik Gunung Semeru setiap 30 menit pascapenutupan aktivitas.

Dia menjelaskan kondisi bandara pada Jumat (12/1) pagi, didapati ada sebaran abu vulkanik pada bandara yang terletak di Kecamatan Pakis tersebut sehingga, diputuskan untuk menutup aktivitas penerbangan demi alasan keselamatan.

"Iya tadi pagi (abu Gunung Semeru) sampai ke area bandara. Kemudian kami terus melakukan pemantauan, setelah dinyatakan negatif dan dilakukan evaluasi, baru kami buka kembali," katanya.

Dia menambahkan penutupan Bandara Abdulrachman Saleh Malang akibat sebaran abu vulkanik tersebut penting dilakukan karena abu dari gunung api bisa membahayakan keselamatan jika masuk ke dalam mesin pesawat atau bagian lainnya.

Bandara Abdulrachman Saleh di Kabupaten Malang, Jawa Timur, kembali beroperasi setelah ditutup sementara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close