Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Senator Terpilih Ning Lia Rekomendasikan SELF untuk Atasi Gangguan Mental di Kalangan Gen Z

Minggu, 04 Agustus 2024 – 12:18 WIB
Senator Terpilih Ning Lia Rekomendasikan SELF untuk Atasi Gangguan Mental di Kalangan Gen Z - JPNN.COM
Senator atau anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI terpilih 2024 Lia Istifhama. Foto: Dokumentasi pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Senator atau anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI terpilih 2024 Lia Istifhama mengaku prihatin dengan fenomena maraknya gangguan mental Gen Z di tengah masyarakat Indonesia saat ini.

Hasil penelitian kerja sama antara Universitas Gadjah Mada (UGM), University of Queensland (UQ) di Australia (lead organisasi NAMHS), Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health (JHSPH) di Amerika Serikat, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes), Universitas Sumatera Utara (USU) dan Universitas Hasanuddin (Unhas) pada 2022 lalu menemukan bahwa sebanyak 17 juta remaja di Indonesia rentan usia 10-17 tahun memiliki masalah kesehatan mental.

Menyikapi hal tersebut, mantan dosen psikologi ini merekomendasikan gagasannya yang disebut dengan "SELF" kepada Gen Z Indonesia.

SELF adalah akronim: ‘Sosial Media bukan akuarium hidupmu’, ‘Empati pada orang lain’, ‘Luangkan waktu bersama orang terkasih’, dan ‘Fokus pada apa yang kau miliki.

Dia menyebut intensitas penggunaan media sosial yang tinggi makin memengaruhi gaya hidup manusia.

“Hal ini yang menjadi penyebab meningkatnya gangguan mental di kalangan anak dan remaja saat ini,” ujar Lia Istifhama melalui keterangan resminya pada Minggu (4/8).

Menurut Ning Lia, dampak negatif ini menyebabkan siapapun yang belum dewasa bisa terjebak dalam dunia imajiner yang menjadi cikal bakal gangguan mental.

Harus diakui, kata Ning Lia, masalah gangguan mental akan terus memiliki potensi meningkat seiring dengan keterbukaan sosial media yang sangat sulit kita filter saat ini. Terlalu banyak konten-konten yang viral justru karena mempertontonkan aksi yang tidak sehat seperti pornografi maupun kekerasan.

mantan dosen psikologi ini merekomendasikan gagasannya yang disebut dengan SELF kepada Gen Z Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA