Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sensasi Pasar Karetan RadjaPendapa Camp (1)

Atraksi Wisata Baru buat Generasi Milenial Semarang & Kendal

Minggu, 05 November 2017 – 09:52 WIB
Sensasi Pasar Karetan RadjaPendapa Camp (1) - JPNN.COM
Pasar karetan. Foto: Istimewa

jpnn.com, KENDAL - Inilah, salah satu offline event GenPI Generasi Pesona Indonesia. Komunitas netizen yang concern di sektor pariwisata di Jawa Tengah ini membuat Pasar Karetan. Betul-betul pasar riil, tempat bertemu buyers dan sellers di suatu tempat.

Tetapi, kreativitas anak-anak muda GenPI Jateng kali ini mengemas pasar dengan cara yang sangat unik dan kekinian. Khas anak-anak muda yang selalu berpikir beda, mencari sudut pandang yang asyik, bukan hanya offline, tetapi juga online.

“Itulah digital lifestyle anak-anak muda, selalu memikirkan impression, objek foto Instagrameble, interaktif, viral, trending topic, dan tema-tema khas online social media. Di mana ada objek anti mainstream, di situ mereka berkumpul,” kata Menpar Arief Yahya yang terus mengamati perilaku travellers itu.

Pasar Karetan yang di desain anak muda GenPI Jateng ini sama. Bukan sekedar bertemu kuliner yang khas, langka, dan sensasional. Tetapi juga 1001 titik selfie yang “memaksa” pengunjung mengeluarkan smartphone-nya dan memasang aplikasi camera-nya.

Ini beda dengan pasar-pasar zaman dulu, yang hanya membutuhkan lapak, tempat menata barang dagangan, bertemulah pembeli dan penjual. Pasar Karetan ini pasar penuh aturan. “Karena aturan itu sendiri sudah unik dan bisa diceritakan di media sosial,” kata Arief Yahya.

Digital lifestyle itu, kata Menpar Arief Yahya, harus interaktif, berbasis online, bercerita dengan video, gambar, sedikit text, viral alias dari HP ke HP. Bukan lagi dari mulut ke mulut, karena “mulut” mereka adalah gadget, signal, dan wifi. “Bagus, konsep Pasar Karetan ini! Silakan datang Minggu Pagi 5 November 2017,” ajak Menpar Arief.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Nusantara Kemenpar, Esthy Reko Astuty juga akan hadir di Pasar Karetan Radja Pendapa. “Iya, saya akan terbang ke Semarang, ingin mencicipi kulinernya, melihat kreasi anak-anak muda GenPI, yang mengubah tempat biasa menjadi luar biasa. Menciptakan atraksi wisata baru buat masyarakat Semarang dan Kendal,” jelas Esthy.

Selain itu, Esthy Reko Astuty juga ingin melihat suasana masyarakat lokal yang diajak berkolaborasi di sana. Perpaduan yang asyik, antara anak muda milenial dan masyarakat lokal yang penuh tradisi. “Yang satu hidup di online, yang satu di offline, bertemu di Pasar Karetan,” kata Deputi Esthy yang ramah ini.

Inilah, salah satu offline event GenPI Generasi Pesona Indonesia. Komunitas netizen yang concern di sektor pariwisata di Jawa Tengah ini membuat Pasar Karetan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close