Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sentil Wakil Rakyat, Ketua BEM UI: Setop Politisasi Vaksin Nusantara

Minggu, 11 April 2021 – 17:01 WIB
Sentil Wakil Rakyat, Ketua BEM UI: Setop Politisasi Vaksin Nusantara - JPNN.COM
Vaksinasi pencegahan COVID-19. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) Leon Alvinda Putra mengkritisi Komisi IX DPR RI terkait vaksin nusantara.

Dia menilai komisi yang membidangi kesehatan itu cenderung mengabaikan penjelasan detail Kepala BPOM Penny K. Lukito terkait uji klinis fase I vaksin nusantara yang digagas mantan Menkes Terawan Agus Putranto beberapa waktu lalu.

Menurut Leon, vaksin Covid-19 memang sangat diperlukan saat ini, tetapi bukan berarti mengabaikan prosedur yang telah ditetapkan.

Bahkan, Presiden Joko Widodo mendukung semua pengembangan vaksin, tetapi memercayakan evaluasi penilaiannya kepada BPOM.

"Berdasarkan hasil uji klinis BPOM, ternyata vaksin nusantara ini belum lulus uji klinis fase satu. Ini berarti vaksin nusantara belum lulus penilaian oleh BPOM," ucap Leon dalam keterangannya kepada media, Minggu (11/4).

Oleh karena itu, Leon mengimbau semua pihak memahami bahwa vaksin harus memenuhi standar yang berlaku, serta melewati tahapan uji klinis secara benar mengacu prosedur yang telah ditetapkan.

"Meskipun produk anak bangsa, tidak lantas asal-asalan sehingga bisa mengorbankan nyawa banyak orang karena dipolitisir," tegas Leon.

Dia pun mengingatkan agar jangan ada manuver atau politisasi yang cenderung membabi buta dari para wakil rakyat di Senayan terhadap vaksin yang awalnya bernama Joglosemar (Jogja-Solo-Semarang) itu.

Ketua BEM UI Leon Alvinda Putra meminta DPR menghentikan politisasi vaksin nusantara dan menyerahkan pada tahapan uji klinis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close