Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sentilan Menohok Tito Karnavian kepada Para Gubernur

Selasa, 26 November 2019 – 20:14 WIB
Sentilan Menohok Tito Karnavian kepada Para Gubernur - JPNN.COM
Mendagri Tito Karnavian dalam rakornas APPSI. Foto: Mesya/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta para kepala daerah untuk tidak tergantung penuh pada dana transfer daerah.

Para kepala daerah harus melakukan inovasi untuk mendongkrak APBD-nya dari pendapatan asli daerah (PAD).

"Pemprov tolong kurangi ketergantungan pada dana transfer daerah. Sesuai data, 46 persen PAD menyumbang dana APBD. Sedangkan tingkat kabupaten/kota, hanya 15 persen yang PAD-nya menyumbang APBD," kata Tito dalam rapat koordinasi Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Jakarta, Selasa (25/11).

Mendagri Tito Karnavian juga meminta pemda jangan hanya cari aman saat menggunakan dana transfer daerah. Karena takut jadi temuan, banyak kepala daerah memilih uangnya disimpan di bank.

Dengan posisi uang disimpan di bank, lanjutnya, roda perekonomian tidak bisa berjalan. Apalagi mengembangkan dananya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah.

"Kalau hanya bunga bank, ya enggak bisa dinikmati seluruh rakyat. Jadi pemda harus belanjakan dananya biar ekonomi bisa berjalan. Kalau jelas peruntukannya, tidak perlu takut ketimbang uangnya ngendap di bank," tuturnya.

Berdasarkan data Kemenkeu, kapasitas fiskal daerah provinsi terdiri dari: 

Kategori sangat rendah berturut-turut : Gorontalo (0,171), Papua (0,179), Sulbar (0,189), Maluku Utara (0,252), Babel (0,264), NTT (0,275), Kaltara (0,282), Sultra (0,284) dan Sulteng (0,300).

Mendagri Tito Karnavian juga meminta pemda jangan hanya cari aman saat menggunakan dana transfer daerah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close