Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Seorang Anggota KKSB Tewas Ditembak Tim Gabungan di Intan Jaya

Rabu, 19 Februari 2020 – 22:08 WIB
Seorang Anggota KKSB Tewas Ditembak Tim Gabungan di Intan Jaya - JPNN.COM
Dokumentasi personel TNI AD usai baku tembak dengan satu anggota KKB, di Pasar Jibama, Jayawijaya. Foto: ANTARA/Marius Yewun

jpnn.com, INTAN JAYA - Seorang anggota kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB) tewas dalam baku tembak dengan tim gabungan satuan tugas (satgas) penegakan hukum (gakkum) TNI/Polri, Selasa (18/2) sekitar pukul 07.20 WIT.

"Anggota KKSB diidentifikasi bernama Meki Tipagau, 18, dari suku Moni," ujar Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Cpl Eko Daryanto di Kota Jayapura, Rabu.

Kolonel Cpl Eko Daryanto di Kota Jayapura, Rabu mengatakan kontak tembak terjadi pada saat Tim Gabungan Satgas Gakkum patroli keamanan dan melihat KKSB di sekitar Kampung Gulanggama menenteng dua pucuk senjata.

"Pada saat pengejaran terjadi kontak tembak dan kelompok KSB melarikan diri ke jurang dan semak-semak ke arah Ugimba," katanya.

Beberapa saat setelah kontak tembak, Tim Gabungan melaksanakan pembersihan sektor kontak tembak dan menemukan beberapa barang bukti, antara lain mayat Meki Tipagau yang tewas dalam baku tembak.

"Keterangan yang diperoleh dari kepala suku setempat, yang bersangkutan bergabung dengan OPM/KKSB. Saat kena tembak, satu pucuk senjata sempat dibawa lari oleh KKSB lainnya," katanya.

Tim Gabungan juga mendapatkan seorang korban lainnya yang terkena tembakan rekoset amunisi yang menurut perkiraan dari kelompok OPM.

"Dikarenakan posisi mereka di bawah lembah menembak membabi buta ke arah pasukan Tim Gabungan yang berada di posisi ketinggian, sehingga tembakan KKSB mengenai seorang perempuan 14 tahun, atas nama Kina Sani, suku Moni yang kena di telapak kaki kiri," katanya.

Kolonel Cpl Eko Daryanto di Kota Jayapura, Rabu mengatakan kontak tembak terjadi pada saat Tim Gabungan Satgas Gakkum patroli keamanan dan melihat KKSB di sekitar Kampung Gulanggama menenteng dua pucuk senjata.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close