Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Separuh Penduduk Dunia Terancam Tak Nikmati Air Bersih

Rabu, 19 November 2008 – 01:40 WIB
Separuh Penduduk Dunia Terancam Tak Nikmati Air Bersih - JPNN.COM
KUALA LUMPUR – Tentu tidak terbayangkan bila kita tidak bisa mendapatkan pasokan air bersih. Padahal, keberadaan air bersih sangat vital dalam kehidupan sehari-hari kita. Dan air diperlukan setiap umat manusia mulai untuk minum, mandi, hingga masak.

Separuh penduduk dunia terancam tidak bisa menerima pasokan air bersih. Hal itu bisa menjadi ancaman yang terjadi pada 2080, bila perubahan iklim terus memburuk. Itulah yang diperingatkan para pakar yang menghadiri Konferensi Air Regional tingkat Asia Pasifik yang dihelat di Kuala Lumpur, Malaysia.

Salah seorang pembicara, yakni Profesor Wong Poh Poh dari National University of Singapore mengatakan bahwa pemanasan global sangat potensial mengacaukan pola aliran air. Selain itu, juga bisa meningkatkan bencana banjir, kekeringan, dan badai. Ketiga bencana tersebut menyebabkan berkurangnya persediaan air.

Wong juga mengatakan bahwa Intergovernmental Panel on Climate Change atau IPCC di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan bahwa bencana kekurangan air akan segera terjadi. Pada 2050, diperkirakan terdapat dua miliar orang yang akan mengalami kekurangan pasokan air bersih. Jumlah tersebut akan terus meningkat. Dan pada 2080, akan menimpa 3,2 miliar orang. Jumlah ini adalah tiga kali lipat dari yang ada saat ini. Badah Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan saat ini ada 1,1 miliar orang  yang tidak mendapat pasokan air bersih.

KUALA LUMPUR – Tentu tidak terbayangkan bila kita tidak bisa mendapatkan pasokan air bersih. Padahal, keberadaan air bersih sangat vital dalam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close