Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sepasang Bule Polandia Cekcok dengan Pecalang saat Nyepi, Begini Akibatnya

Sabtu, 25 Maret 2023 – 10:08 WIB
Sepasang Bule Polandia Cekcok dengan Pecalang saat Nyepi, Begini Akibatnya - JPNN.COM
Dua WNA asal Polandia menjalani pemeriksaan di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar setelah ditahan di Markas Polsek Sukawati, Gianyar, Bali, Kamis lalu (23/3). Dua WNA itu dideportasi, Sabtu hari ini (25/3). Foto: ANTARA/HO-Kantor Wilayah Kemenkumham Bali

jpnn.com, DENPASAR - Dua bule backpacker asal Polandia yang bikin heboh gegara melanggar aturan keimigrasian dan ketentuan adat saat perayaan Nyepi di Pantai Purnama, Sukawati, Gianyar, Rabu (22/3) lalu dideportasi pada Sabtu (25/3).

Bule pria, Karol Grabinski (40) dan wanita bernama Barbara Karina Walczak (25) dideportasi melalui Bandara Ngurah Rai menuju Bandara Soekarno-Hatta menggunakan pesawat AirAsia QZ7517 pukul 09.55 WITA.

"Keduanya melanjutkan perjalanan pada pukul 17.05 WIB menumpang Etihad Airways EY475 transit di Abu Dhabi, lalu ke Polandia," kata Kasi Inteldakim TPI Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar Iqbal Rifai diberitakan JPNN Bali.

Iqbal menyebut kedua bule itu dipulangkan paksa ke negara mereka menggunakan biaya sendiri.

Dari hasil pemeriksaan sementara, dua warga negara asing (WNA) itu sebenarnya mengetahui ada peringatan Nyepi di Bali, termasuk aturan yang melarang warga keluar dari rumah selama 24 jam.

"Mereka tahu ada Nyepi di Bali dan paham apa yang menjadi ketentuan saat Nyepi," lanjutnya.

Sementara itu, Kabid Inteldakim Kantor Wilayah Kemenkumham Bali AA Bagus Narayana menyebut pihaknya masih mendalami lagi apakah ada unsur-unsur pelanggaran lainnya.

Imigrasi Denpasar menjerat dua WNA Polandia itu dengan Pasal 75 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.

Beginilah nasib sepasang bule Polandia yang sempat cekcok dengan Pecalang saat perayaan Nyepi di Sukawati. Ini pelajaran bagi wisatawan mancanegara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close