Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Seperempat Penduduk Bumi Muslim

Jumat, 09 Oktober 2009 – 08:33 WIB
Seperempat Penduduk Bumi Muslim - JPNN.COM
Foto : REUTERS
LONDON - Satu dari empat penduduk dunia adalah muslim. Indonesia menempati peringkat satu dengan jumlah muslim terbanyak di seluruh dunia. Laporan itu disampaikan Pew Forum on Religion and Public Life setelah melakukan penelitian, survey, dan mengkompilasi data selama tiga tahun dari 232 negara serta teritori di seluruh dunia. Setidaknya 1,57 miliar populasi muslim dari seluruh dunia diperkirakan 60 persennya berada di benua Asia. Sedangkan 20 persen berada di Timur Tengah dan Afrika Utara.

    

"Jika dunia hendak menciptakan pengertian yang lebih baik antara AS dan dunia muslim, kini kita harus fokus pada wilayah selatan dan Asia Tenggara bukannya Timur Tengah," ungkap Brian Grim, peneliti senior Pew Forum on Religion and Public Life, lembaga survei Amerika kepada CNN, Kamis (8/10).

     

Seluruh data menggunakan 1.500 sumber berbeda. Termasuk laporan dari sensus, demografi, dan survei populasi secara umum. Data diambil dari sensus data nasional dan survei berdasarkan pertumbuhan populasi di setiap negara. "Ide yang mengatakan muslim adalah Arab dan Arab adalah Muslim musnah sudah berdasarkan laporan ini," ujar Amaney Jamal, asisten profesor politik di Princeton University seperti dilansir BBC.

    

Penelitian itu menghasilkan daftar sepuluh negara dengan penduduk muslim terbanyak. Mulai dari peringkat teratas yaitu Indonesia dengan total umat muslim sebanyak 202.867.000 jiwa. Negeri Zamrud Khatulistiwa itu dikenal dengan 88,2 persen penduduknya muslim. Kemudian disusul oleh Pakistan di posisi kedua, India ketiga, Bangladesh keempat.

LONDON - Satu dari empat penduduk dunia adalah muslim. Indonesia menempati peringkat satu dengan jumlah muslim terbanyak di seluruh dunia. Laporan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close