Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Seperti Ini Kesiapan Pelni Menyambut Arus Mudik Lebaran 2022

Selasa, 26 April 2022 – 13:24 WIB
Seperti Ini Kesiapan Pelni Menyambut Arus Mudik Lebaran 2022 - JPNN.COM
Ilustrasi - Kapal Pelni. Foto: Dok. PT Pelni

jpnn.com, JAKARTA - PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT (Pelni) bersiap untuk melaksanakan angkutan lebaran 1443 H Tahun 2022.

Tahun ini, Pelni akan akan mengoperasikan 26 kapal penumpang dan 44 kapal perintis dengan total seat yang dipersiapkan sebanyak 49.267 kursi.

Direktur Usaha Angkutan Penumpang PT Pelni Yahya Kuncoro merinci sebanyak 32.447 seat telah disiapkan untuk kapal penumpang dan 16.820 seat dengan kapal perintis.

"Untuk kesiapan, sudah kami lakukan sejak jauh-jauh hari dan kami selalu berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan," ujar Yahya, Senin (25/4).

Adapun operasi angkutan lebaran dengan kapal Pelni dimulai sejak periode H-15 atau pada 17 April hingga 18 Mei 2022.

"Pelni memastikan seluruh kapal yang akan beroperasi melayani angkutan lebaran laik laut karena kapal telah melaksanakan docking sebelum periode angkutan lebaran tiba. Semua kapal sudah kami cek semua, sudah bersih," jelas Yahya.

Pada arus mudik tahun ini, diprediksi ada beberapa ruas padat penumpang meliputi Batam - Belawan, Kumai - Semarang, Makassar - Surabaya, Balikpapan - Surabaya, Balikpapan - Makassar, dan Makassar - BauBau.

"Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang di rute tersebut, Pelni mengajukan izin penyesuaian rute dan jadwal kapal kepada Kemenhub sehingga penumpang kapal Pelni dengan tujuan pelayaran ke wilayah-wilayah itu dapat terakomodir sebelum hari lebaran tiba," jelas Yahya.

Pelni memastikan seluruh kapal yang beroperasi melayani angkutan lebaran laik laut karena kapal telah melaksanakan docking sebelum periode angkutan lebaran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close