Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sepertinya Gerindra Tak Ikhlas Serahkan Kursi Wagub ke PKS

Kamis, 15 November 2018 – 16:13 WIB
Sepertinya Gerindra Tak Ikhlas Serahkan Kursi Wagub ke PKS - JPNN.COM
Emrus Sihombing. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing menilai, Gerindra masih setengah hati menyerahkan kursi wakil gubernur DKI Jakarta kepada PKS.

Pasalnya, meski mempersilakan PKS mengajukan calon pengganti Sandiaga Uno, partai pimpinan Prabowo Subianto itu memberikan catatan. Yakni calon harus terlebih dahulu mengikuti proses fit and proper test di hadapan tim yang dibentuk Gerindra dan PKS.

“Seharusnya kan kalau sudah diserahkan ke PKS, maka PKS yang punya gawe, yang punya keputusan, yang punya otonom,” ujar Emrus di Jakarta, Kamis (15/11).

Emrus menduga, Gerindra akan memanfaatkan posisinya di tim fit and proper test untuk menjaring calon wakil gubernur DKI yang memiliki visi sama dengan mereka. Apalagi diketahui, hampir semua partai, tak terkecuali PKS, memiliki banyak faksi.

“Ketika Gerindra ikut dalam fit and proper test, itu sama saja membuka peluang Gerindra menentukan siapa calon dari PKS,” ucapnya.

Emrus juga menduga ada kepentingan ekonomi dalam perebutan kursi Wakil Gubernur DKI. Mengingat Provinsi DKI memiliki aset melimpah.

APBD Perubahan DKI Jakarta 2018 tercatat mencapai Rp 83,26 triliun. DKI juga memiliki lebih dari 20 BUMD yang menjadi pundi-pundi rupiah bagi Ibu Kota.

“Tidak mungkin wakil gubernur tidak diberikan wewenang, misalnya dalam pengelolaan unit-unit usaha. Jadi, ini sharing power dalam pengelolaan aset,” pungkas Emrus.(gir/jpnn)

Pengamat Komunikasi Politik Emrus Sihombing menilai, Gerindra masih setengah hati menyerahkan kursi wakil gubernur DKI ke PKS

Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close