Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sesmenko Susiwijono Paparkan Beragam Manfaat Presidensi G20 Indonesia, Mohon Disimak!

Sabtu, 05 November 2022 – 06:58 WIB
Sesmenko Susiwijono Paparkan Beragam Manfaat Presidensi G20 Indonesia, Mohon Disimak! - JPNN.COM
Sekretaris Kementerian Koordinator (Sesmenko) Bidang Perekonomian Susiwijono Moergiarso memaparkan beragam manfaat Presidensi G20 Indonesia dalam Focus Group Discussion (FGD) Polri dengan tema 'Menyongsong KTT G20: Kesiapan dan Keuntungan bagi Indonesia', Kamis (3/11). Foto: Dokumentasi Humas Kemenko Perekonomian

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Kementerian Koordinator (Sesmenko) Bidang Perekonomian Susiwijono Moergiarso memaparkan beragam manfaat Presidensi G20 Indonesia dalam Focus Group Discussion (FGD) Polri dengan tema 'Menyongsong KTT G20: Kesiapan dan Keuntungan bagi Indonesia', Kamis (3/11).

Dia menyampaikan Presidensi G20 Indonesia sebagai forum kerja sama internasional telah mampu menyeimbangkan berbagai kepentingan global maupun kepentingan nasional.

Presidensi G20 Indonesia juga memberikan dampak signifikan bagi pemulihan ekonomi nasional secara menyeluruh dengan mendorong peningkatan kinerja berbagai sektor penting.

Disebutkan pelaksanaan 438 rangkaian kegiatan Presidensi G20 Indonesia yang diselenggarakan di 25 kota telah memberikan manfaat, baik secara substansi maupun fisik.

“Jika dari sisi substansi, bedanya Presidensi G20 Indonesia dengan yang sebelumnya, Presiden sejak awal menyampaikan bahwa G20 Indonesia harus memberikan manfaat yang nyata dan konkret. Untuk itu kami menyiapkan adanya concrete deliverable,” ungkap Sesmenko Susiwijono melalui keterangan yang diterima, Sabtu (5/11).

Terkait manfaat dari sisi substansi, Presidensi G20 Indonesia telah menginisiasi concrete deliverables, yakni proyek, program, atau inisiatif sebagai manfaat nyata yang diharapkan dapat menjadi lead examples bagi pembangunan berkelanjutan dengan memanfaatkan kerja sama internasional dan peran multistakeholders.

Selanjutnya, concrete deliverable tersebut akan dituangkan dalam Leaders' Declaration pada bagian Annex atau lampiran dan diharapkan mampu menjadi legacy Indonesia bagi G20.

Lebih lanjut Sesmenko Susiwijono juga menjelaskan Presidensi G20 Indonesia dinilai mampu memberikan manfaat dari sisi fisik seperti mendorong peningkatan konsumsi domestik, mendorong penambahan Produk Domestik Bruto (PDB) nasional.

Presidensi G20 Indonesia memiliki beragam manfaat dalam membawa dampak bagi pemulihan ekonomi nasional secara menyeluruh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close