Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Setelah Daihatsu, Giliran Toyota Ikut Menipu, Fortuner Buatan Indonesia Masuk Daftar

Selasa, 30 Januari 2024 – 11:40 WIB
Setelah Daihatsu, Giliran Toyota Ikut Menipu, Fortuner Buatan Indonesia Masuk Daftar - JPNN.COM
Ilustrasi logo Toyota. Foto: AFP

jpnn.com, JAKARTA - Setelah Daihatsu ketahuan menipu hasil uji keselamatan di kendaraannya, kini giliran Toyota yang terungkap memanipulasi tes mesin diesel.

Toyota Industries Corporation (TICO) mengumumkan kepada Toyota Motor Corporation (TMC), bahwa ada laporan dari komite investigasi terkait potensi penyimpangan peraturan sertifikasi.

TICO bertugas mengembangkan mesin diesel di beberapa model mobil Toyota.

Komite investigasi khusus ditugaskan menyelidiki potensi penyimpangan peraturan sertifikasi terkait dengan sertifikasi emisi domestik yang tidak tepat pada mesin forklift dan mesin konstruksi.

"Penyelidikan menemukan bahwa kejanggalan terjadi selama pengujian output horsepower untuk sertifikasi tiga model mesin diesel untuk mobil yang ditugaskan Toyota ke TICO,” tulis pernyataan resmi Toyota Global, Selasa.

Selama pengujian sertifikasi, kinerja output horsepower mesin diukur menggunakan ECU dengan perangkat lunak yang berbeda dari yang digunakan untuk produksi massal.

Sebanyak 10 model kendaraan menggunakan mesin diesel yang terkena dampak, seperti 1GD, 2GD, dan F33A. Mesin diesel 1GD terpasang di Toyota Fortuner yang diproduksi di PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia.

Toyota mengaku telah memverifikasi ulang produk yang terkena dampak.

Setelah Daihatsu ketahuan menipu hasil uji keselamatan di kendaraannya, kini giliran Toyota yang terungkap memanipulasi tes mesin diesel.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close