Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Setgab Makin Tidak Kompak

Senin, 06 Januari 2014 – 16:55 WIB
Setgab Makin Tidak Kompak - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA - Mendekati waktu pemilu, kemesraan di antara partai-partai anggota koalisi pemerintah alias Sekretariat Gabungan (Setgab) semakin menipis. Pasalnya, saat ini anggota Setgab tengah disibukkan dengan kepentingan politiknya masing-masing.

Hal ini diakui oleh sejumlah petinggi partai yang tergabung di setgab. Salah satunya Ketua DPP PAN Viva Yoga Mauladi. Menurutnya, tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini pemenangan pemilu menjadi kepentingan utama setiap partai anggota setgab.

"Masing-masing anggota koalisi mempunyai agenda dan target politik sendiri. Sehingga, sulit mempertahankan kepentingan bersama," ujarnya saat dihubungi wartawan di Jakarta, Senin (6/1).

Anggota Komisi IV DPR ini juga menilai Setgab sudah tidak mampu menjalankan fungsinya lagi. Buktinya, di DPR sering sekali anggota koalisi bersebrangan dengan kebijakan pemerintah. Akibatnya, hubungan antara anggota pun semakin merenggang.

"Setgab sebagai wahana komunikasi dan think tank untuk merumuskan agenda bangsa strategis telah gagal menjalankan fungsinya," paparnya.

Dihubungi terpisah, Ketua DPP PKB di DPR RI Marwan Jafar juga mengakui tidak kompaknya Setgab. Namun, menurutnya, hal tersebut lebih disebabkan oleh mekanisme internal Setgab yang tidak mengenal adanya hukuman kepada anggota yang melanggar kesepakatan koalisi.

Ia bahkan menuding, kebanyakan anggota Setgab bergabung hanya untuk mendapat kursi di parlemen semata.

"Setgab juga tidak terurus dengan baik. Hanya ketika ada kasus baru menggelar rapat. Komandannya juga enggak jelas," bebernya.

JAKARTA - Mendekati waktu pemilu, kemesraan di antara partai-partai anggota koalisi pemerintah alias Sekretariat Gabungan (Setgab) semakin menipis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA