Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Shenzhou VII Mendarat

Senin, 29 September 2008 – 11:37 WIB
Shenzhou VII Mendarat - JPNN.COM
BEIJING - Setelah sukses mengantarkan salah seorang awaknya melakukan spacewalk alias berjalan-jalan di luar angkasa, pesawat ruang angkasa Shenzhou VII mendarat dengan selamat kemarin (28/9) di Siziwang, wilayah Otonomi Mongolia. Karena baru pulang dari sebuah misi bersejarah, pesawat yang berisi tiga astronot itu pun disambut sama meriahnya seperti ketika berangkat.

Detik-detik pendaratan Shenzou VII diabadikan televisi pemerintah, China Central Television atau CCTV. Pendaratan yang sekaligus menjadi penutup manis bagi misi 68 jam Shenzhou VII tersebut juga disaksikan Perdana Menteri Wen Jiabao dari Pusat Kendali Luar Angkasa di Beijing.

Seperti diberitakan, astronot Zhai Zhigang -komandan misi pengiriman kapal luar angkasa berawak ketiga Tiongkok- mengukir sejarah besar. Sabtu (27/9), selama sekitar 20 menit, dia menahbiskan dirinya sebagai warga pertama negeri berpenduduk terbanyak itu yang menjejakkan kakinya di angkasa. Dalam aksi tersebut, Zhai tak lupa mengibarkan bendera kebesaran bangsanya. Dia disaksikan jutaan orang di berbagai tempat di dunia. Tiongkok pun menjadi negara ketiga setelah Amerika Serikat dan bekas Uni Soviet yang sukses mengirimkan misi berawak untuk melakukan spacewalk.

"Ini adalah misi yang sangat luar biasa, penuh tantangan, dan berakhir sukses," kata Zhai saat diwawancarai reporter televisi yang turut menanti dan mengabadikan kedatangannya. "Saya bangga dengan bangsa ini," sambungnya.

BEIJING - Setelah sukses mengantarkan salah seorang awaknya melakukan spacewalk alias berjalan-jalan di luar angkasa, pesawat ruang angkasa Shenzhou

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close