Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Si Penghina Islam Segera Disidang

Kamis, 22 Januari 2009 – 08:33 WIB
Si Penghina Islam Segera Disidang - JPNN.COM
DEN HAAG - Geert Wilders harus menuai konsekuensi perbuatannya. Pengadilan Banding Amsterdam kemarin (21/1) memerintah jaksa penuntut untuk membawa anggota parlemen Belanda itu ke meja hijau dengan dakwaan memicu kebencian dan diskriminasi kepada muslim.

"Dengan melecehkan simbol-simbol Islam, dia juga menghina pemeluk agama tersebut," kata panel hakim dalam keputusannya seperti dikutip AFP. "Dalam sistem demokrasi, pidato yang menebarkan kebencian bisa dikategorikan sebagai pelanggaran sangat serius dan karena itu perlu diselesaikan secara hukum."

Kasus tersebut harus berlanjut ke Pengadilan Banding Amsterdam setelah di pengadilan yang lebih rendah Wilders dianggap tak bersalah secara hukum berdasar asas kebebasan berekspresi. Namun, masih belum jelas kapan persisnya sutradara film provokatif berjudul Fitna itu akan tampil di sidang. Yang pasti, penyelidikan kasus penghinaan kepada Islam yang dilakukan Wilders tersebut akan segera dilakukan.

Wilders memicu kemarahan muslim di Belanda dan berbagai negara lain, termasuk Indonesia, karena berbagai ulahnya yang sangat anti-Islam. Politikus ultrakanan itu, misalnya, pernah mengampanyekan agar Alquran dicekal di Belanda karena dia nilai fasis. Film Fitna, dalam bahasa Sekjen PBB Ban Ki-moon, juga "sangat ofensif anti-Islam".

DEN HAAG - Geert Wilders harus menuai konsekuensi perbuatannya. Pengadilan Banding Amsterdam kemarin (21/1) memerintah jaksa penuntut untuk membawa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close