Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

SIAGA: Menteri Luhut Menuju ke Kapal Perang

Senin, 14 Desember 2015 – 00:58 WIB
SIAGA: Menteri Luhut Menuju ke Kapal Perang - JPNN.COM
Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Darwanto mendampingi Menko Polhukam Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitan pada acara Reuni Akabri Angkatan 1970 di Markas Koarmatim, Surabaya, Minggu (13/12). FOTO: Koarmatim for JPNN.com

jpnn.com - SURABAYA – Setelah menghadiri rangkaian acara reuni alumni Akabri Angkatan Pertama 1970, Menkopolhukam Luhut Binsar Panjaitan didampingi Pangarmatim Laksamana Muda TNI Darwanto melaksanakan kunjungan ke KRI Dewaruci, KRI Usman Harun-359, KRI Sultan Hasanuddin-366, KRI Cakra-401, Monjaya dan Flett House, di Dermaga Ujung Koarmatim, Surabaya, Minggu (13/12).

Dinas Penerangan Koarmatim menyebutkan, ada suasana berbeda di Mako Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) pada hari Minggu (13/12). Tidak seperti hari Minggu atau hari libur lainnya, pagi itu Mako Koarmatim nampak ramai karena ada kegiatan reuni alumni Akabri angkatan pertama tahun 1970.

Kegiatan reuni yang dilaksanakan di Koarmatim diawali dengan upacara tabur bunga di Dermaga Madura, Mako Koarmatim dipimpin Laksamana TNI (Purn) Bernard Kent Sondakh sekaligus mantan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) yang juga peserta reuni.

Selesai melaksanakan upacara tabur bunga dilanjutkan foto bersama yang dilaksanakan bergantian sesuai dengan batalyon masing-masing saat menjalani pendidikan di Magelang tahun 1967. Kegiatan selanjutnya, kunjungan ke Monumen Jalesveva Jaya Mahe dan Fleet House serta melakukan pertemuan di Gedung Panti Armada Mako Koarmatim.

Menko Polhukam Luhut Binsar Panjaitan merupakan salah satu dari 916 alumni AK 67 yang dilantik menjadi letnan dua oleh Presiden Soeharto pada tanggal 10 Desember 1970.

Akabri 1970 yang masuk pada tahun 1967 dengan nomor Akademi 67 (No. AK 67) merupakan angkatan pertama yang mengintegrasikan seluruh Akademi Angkatan (AMN, AAL, AAU dan AAK) dalam satu wadah pendidikan dengan nama Akabri yang bermarkas di Magelang.

Setelah satu tahun digembleng ilmu dasar kemiliteran, para taruna yang berpangkat Kopral Taruna dikirim ke basis pendidikan angkatannya masing-masing. Taruna Darat tetap di Magelang, Taruna Laut ke Bumi Moro Surabaya, Taruna Udara ke Maguwo Adisucipto Yogyakarta dan Taruna Polisi ke Sukabumi, Jawa Barat.

Pada saat pendidikan di Lembah Tidar, para taruna dicampur komposisinya dalam peleton-peleton, kompi dan batalyon taruna. Suka duka pendidikan dasar membuat taruna keempat angkatan menjadi saling kenal dan akrab. Saat itu Polri masih dibawah Mabes ABRI, sebagai Angkatan Kepolisian.

SURABAYA – Setelah menghadiri rangkaian acara reuni alumni Akabri Angkatan Pertama 1970, Menkopolhukam Luhut Binsar Panjaitan didampingi Pangarmatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close