Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Siap Mencetak Sejarah, Politikus PSI Rian Ernest Maju Pilkada Batam 2020

Selasa, 10 Desember 2019 – 20:54 WIB
Siap Mencetak Sejarah, Politikus PSI Rian Ernest Maju Pilkada Batam 2020 - JPNN.COM
Bakal pasangan calon Pilkada Batam 2020 dari jalur independen Rian Ernest-Yusiani Gurusinga. Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Politikus PSI Rian Ernest mendeklarasikan maju sebagai calon wali kota di Pilkada Batam 2020. Dia akan berpasangan dengan calon wakil wali kota Yusiani Gurusinga.

Meski PSI memiliki kursi di DPRD Batam, tetapi Rian dan Yusiani memilih maju lewat jalur independen. Pasalnya, Rian enggan melobi partai-partai lain untuk memnuhi syarat dukungan.

“Saya tidak setuju dengan lobi-lobi dan transaksi mahar politik. Melalui perhitungan matang, saya memutuskan maju melalui Jalur Independen,” kata Rian.

Selain menghindari politik transaksional, Rian juga memilih jalur independen demi memperluas ruang gerak. Dia mengaku ingin menyentuh kelompok-kelompok yang selama ini diabaikan oleh sistem politik Batam.

Mantan jubir TKN Jokowi-Ma'ruf ini yakin lewat jalur independen dia dapat melahirkan gagasan yang sejalan dengan aspirasi masyarakat Batam. "Bukan sekadar gagasan partai," ucapnya.

Untuk lolos verifikasi KPU, Rian dan Yusiani harus mengumpulkan 49 ribu lembar KTP hingga Februari 2020. Mantan staf Basuki Tjahaja Purnama saat menjabat Gubernur DKI Jakarta itu optimis menargetkan meraih 60 ribu lembar KTP.

“Di Batam belum pernah ada calon lolos verifikasi jalur independen, ini bisa jadi sejarah,” tegasnya.

Rian mengungkapkan, dirinya memutuskan untuk kembali ke Batam untuk membangun kampung halamannya. Sebab dia menilai, banyak potensi wilayah Batam belum digarap secara maksimal. “Ibunda saya kelahiran Tarempa, Anambas, Kepulauan Riau,” katanya.

Karena itu, untuk kampanyenya, Rian mengusung “Batam Baru”. Gerakan yang muncul dari tengah masyarakat Batam sendiri.

“Batam Baru adalah gerakan yang mengusung ide dan aspirasi warga Batam sendiri untuk membenahi potensi pariwisata dan industri kota Batam. Saatnya semangat pembaruan hadir di Kota Batam,” tutupnya.

Politikus PSI Rian Ernest mendeklarasikan maju sebagai calon wali kota di Pilkada Batam 2020. Dia akan berpasangan dengan calon wakil wali kota Yusiani Gurusinga.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close