Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Siap-siap Arus Balik, 10 Ribu Kendaraan Per Jam Melintasi Tol Menuju Jakarta

Kamis, 05 Mei 2022 – 19:45 WIB
Siap-siap Arus Balik, 10 Ribu Kendaraan Per Jam Melintasi Tol Menuju Jakarta - JPNN.COM
Dirlantas Polda Metro Jaya Sambodo Purnomo Yogo saat konferensi pers persiapan penanganan arus balik Lebaran 2022 di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (5/5). Foto: Mercurius Thomos Mone/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Dirlantas Polda Metro Jaya Sambodo Purnomo Yogo memperkirakan terdapat 2,1 juta kendaraan meninggalkan Jakarta semenjak H-10 sampai H+2 saat mudik Lebaran 2022.

Arus kendaraan tersebut kemudian menyebar 60 persen menuju Jawa Tengah dan sisanya ke arah Bandung, Jawa Barat.

Sambodo menilai arus balik kendaraan itu nantinya bermuara di satu titik yaitu gerbang Tol Halim sebagai pintu masuk Jakarta dari arah timur.

"Itulah sebabnya kami dari Polda Metro Jaya perlu melakukan rekayasa lalu lintas dan menyampaikan imbauan-imbauan kepada masyarakat agar arus balik ini tidak terhambat," kata Sambodo di Polda Metro Jaya, Kamis (5/5).

Menurutnya, data Kementerian Perhubungan memperkirakan puncak arus balik akan terjadi pada Minggu, 8 Mei dengan perkiraan terbanyak ada 269.444 kendaraan yang akan masuk Jakarta.

Kombes lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1995 tersebut mengatakan pada hari ini, Kamis (5/5) diperkirakan terdapat 10 ribu kendaraan per jam yang melintas tol ke arah Jakarta.

"Saat ini di kilometer 70 sampai kilometer 47 dari arah timur ke barat menuju Jakarta sedang dilakukan contraflow. Mulai tadi sore pukul 15.35 WIB," tutur Sumbodo.

Dia menyebut penerapan contraflow menjadi tanda adanya peningkatan volume kendaraan arus balik.

Dirlantas Polda Metro Jaya Sambodo Purnomo Yogo memperkirakan puncak arus balik pada...

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close