Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Siap-Siap, Makan di Warteg Bayar Pakai Uang Elektronik

Kamis, 09 Juli 2020 – 16:37 WIB
Siap-Siap, Makan di Warteg Bayar Pakai Uang Elektronik - JPNN.COM
Aktivitas di rumah makan (warteg). Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Menyikapi upaya menekan penyebaran corona di tanah air, Komunitas Warteg Nusantara (Kowantara) menggandeng PT Agra Teknologi Selaras (AgraTek) segera menerapkan pembayaran non-tunai atau uang elektronik.

Ketua Kowantara, Mukroni di Tangerang, Banten, mengatakan salah satu bagian dari program Kowantara adalah memberikan pelatihan mengenai manajemen keuangan kepada anggota.

Menurut dia, hal itu pun berlaku saat ini di saat pandemi, di mana anggota kowantara diharapkan memanfaatkan teknologi dalam transaksi.

Diharapkan, dengan penerapan itu perekonomian di sektor mikro akan tumbuh, dan memberikan manfaat kepada pedagang.

Terkait kerja sama, kata dia, nantinya PT Agra Teknologi Selaras akan menempelkan kode QRIS di setiap warung pedagang (warteg) yang tergabung dalam Kowantara, sehingga pembeli yang melakukan pembayaran cukup melakukan scan "barcode" tersebut.

"Ini akan kita sosialisasikan ke beberapa pedagang warteg dahulu dan ditargetkan menyeluruh, karena akan lebih mudah bagi pedagang dan bagian dari penerapan protokol kesehatan," kata Mukroni.

Direktur Utama PT Agra Teknologi Selaras (AgraTek) Yasir Arafat mengatakan tahap awal jumlah warteg yang akan menggunakan sistem ini sebanyak 200an.

Sementara itu, untuk anggota Kowantara sendiri untuk wilayah Jabodetabek ada 6.000 warung nasi.

Komunitas Warteg Nusantara (Kowantara) secara bertahap mengedukasi anggotanya mengurangi transaksi pembayaran uang tunai dan menggantinya dengan uang elektronik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close