Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Siap-siap, Mobil yang Tak Uji Emisi di Jakarta Bakal Tak Bisa Memperpanjang STNK

Selasa, 05 Juli 2022 – 15:53 WIB
Siap-siap, Mobil yang Tak Uji Emisi di Jakarta Bakal Tak Bisa Memperpanjang STNK - JPNN.COM
Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto di Hotel Discovery, Ancol, Jakarta Utara, Selasa (5/7). Foto: Ryana Aryadita Umasugi/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto mengatakan kendaraan roda empat yang tidak lulus uji emisi di ibu kota bakal terkena disinsentif, salah satunya tidak bisa melakukan perpanjangan surat tanda nomor kendaraan (STNK). 

"Ke depannya, khususnya untuk kendaraan bermotor roda empat semuanya harus sudah lulus uji emisi, baru bisa perpanjangan STNK," kata Asep di Ancol, Jakarta Utara, Selasa (5/7).

Asep menuturkan rencana kebijakan itu akan mulai diterapkan pada akhir 2022 nanti. 

"Target kami insyaallah di akhir tahun ini bisa mulai kami terapkan,” ujarnya. 

Regulasi tentang uji emisi ini sebenarnya sudah tertuang dalam beberapa aturan seperti Peraturan Gubernur Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta Nomor 66 Tahun 2020 Tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor.

Dalam penerapan larangan memperpanjang STNK bagi mobil yang belum lulus uji emisi ini, Pemprov DKI Jakarta bakal bekerja sama dengan Samsat Polda Metro Jaya.

Untuk integrasi data STNK tersebut, akan dilakukan oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) DKI Jakarta dan pihak kepolisian.

"Kami harapkan memang sudah bisa, karena data kami, data kendaraan yang sudah uji emisi sudah terkoneksi dengan data Samsat," kata dia.

Mobil yang tidak lulus uji emisi di Jakarta bakal akan terkena disinsentif. Salah satunya tak bisa memperpanjang STNK.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close