Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Siap-siap, Titik Panas Mulai Muncul di Kalsel

Sabtu, 15 Agustus 2020 – 19:05 WIB
Siap-siap, Titik Panas Mulai Muncul di Kalsel - JPNN.COM
Kebakaran hutan dan lahan. Foto: Antara

jpnn.com, BANJARMASIN - Titik panas mulai muncul di Kalimantan Selatan (Kalsel) meski hujan terkadang masih mengguyur dalam beberapa hari terakhir di daerah itu.

"Dari pantauan satelit Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) yang terkoneksi di aplikasi Bekantan memang titik panas terdeteksi saat-saat sekarang ini," kata Kasubdit IV Tipidter Ditreskrimsus Polda Kalsel AKBP Endang Agustina di Banjarmasin, Sabtu (15/8).

Meski begitu, titik panas yang muncul belum terverifikasi api alias kebakaran hutan dan lahan sehingga petugas di lapangan tidak menindaklanjuti untuk terjun ke lokasi.

Namun, di sisi lain ada kemunculan titik api di Desa Pandahan, Kecamatan Bati-Bati, Kabupaten Tanah Laut yang dilaporkan masyarakat setempat melalui aplikasi Bekantan pada Sabtu siang.

Petugas pun bergegas menuju lokasi yang diinformasikan untuk melakukan pemadaman. Polisi bersama armada Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) Landasan Ulin Utara dan BPK Bati-Bati berhasil memadamkan api yang muncul di dua titik lahan tersebut seluas sekitar lima hektare.

"Terima kasih kepada masyarakat yang telah melaporkan adanya titik api dengan cepat melalui aplikasi Bekantan, sehingga api tidak menjalar semakin besar," ucap Endang.

Dia menambahkan saat ini masyarakat memang harus lebih waspada. Seiring dengan musim kemarau yang segera melanda yang nantinya diiringi hujan menghilang.

Kekeringan tanah akan diikuti dampak susulan yaitu meningkatnya potensi kebakaran lahan.

Sejumlah titik panas mulai muncul di Kalsel. Masyarakat harus waspada terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close