Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Siapa Capres-Cawapres yang Diusung KIB jika PKB Gabung? Baidowi Jawab Begini

Jumat, 10 Februari 2023 – 16:16 WIB
Siapa Capres-Cawapres yang Diusung KIB jika PKB Gabung? Baidowi Jawab Begini - JPNN.COM
Koalisi Indonesia Bersatu atau KIB. Foto: Dok. KIB

jpnn.com - JAKARTA – Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) terdiri dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Golkar, dan Partai Amanat Nasional (PAN).

KIB membuka diri jika ada partai lain yang menyusul bergabung.

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi pun mengaku senang apabila PKB bergabung dengan KIB.

"Kami menyambut positif jika PKB bergabung dengan KIB," ujar Achmad Baidowi kepada ANTARA di Jakarta, Jumat.

Menurut Baidowi, sambutan positif tersebut merupakan wujud sikap KIB yang terus membuka diri kepada partai politik mana pun yang hendak bergabung dengan KIB.

Dia mengatakan masing-masing anggota KIB memang memiliki tugas untuk berkomunikasi dengan partai-partai politik lainnya.

"Barangkali, ada yang bisa dijajaki kerja sama sehingga kalau pun PKB bergabung dengan KIB peluangnya sangat terbuka lebar, kita (KIB) menyambut terbuka," ujar Baidowi.

Sebelumnya, Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto, usai sarapan pagi bersama Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar di Kompleks Istora Senayan, Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Jumat, menyatakan pihaknya membuka peluang kerja sama politik dengan PKB menjelang Pemilu 2024.

Senada, Wakil Ketua Umum DPP PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan PAN memiliki sikap sepadan dengan Partai Golkar untuk membuka peluang kerja sama politik dengan PKB, terutama soal bergabung ke KIB.

"PAN selaras dengan Golkar, akan senang dan bergembira jika PKB dapat bergabung, berkoalisi, dan bersanding dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB)," kata Viva Yoga.

Jika PKB bergabung ke dalam KIB, maka langkah tersebut dapat menambah kekuatan politik KIB sekaligus sebagai basis konstituen di Pilpres 2024.

Dengan demikian, lanjut Viva Yoga, pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang akan diusulkan KIB berpotensi pula memenangkan Pilpres 2024.

Mengenai pasangan calon presiden dan wakil presiden yang akan diusung oleh KIB jika PKB bergabung dalam koalisi tersebut, mengingat PKB berpotensi memiliki pasangan calon sendiri yang hendak mereka usung, menurut Baidowi, hal tersebut akan didiskusikan lebih lanjut oleh seluruh anggota KIB.

"Nanti rembuk-rembuk lagi," ucap dia. (antara/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) terdiri dari PPP, Golkar, dan PAN, senang jika PKB mau gabung. Siapa capres-cawapres yang akan diusung?

Redaktur & Reporter : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close