Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Rabu Bakal Jadi Hari Presiden Jokowi Usulkan Nama Calon Kapolri?

Selasa, 12 Januari 2021 – 11:20 WIB
Rabu Bakal Jadi Hari Presiden Jokowi Usulkan Nama Calon Kapolri? - JPNN.COM
Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane. Foto: YouTube JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Presidium IPW Neta S Pane mengaku memperoleh informasi bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengirim nama calon Kapolri ke DPR pada Rabu (13/1).

Menurut Neta, surat presiden (surpres) perihal nama calon Kapolri pengganti Idham Azis itu akan diserahkan Menteri Sekretaris Negara Pratikno langsung kepada Ketua DPR Puan Maharani besok pukul 11.00. 

"Kenapa Rabu? Hal ini berkaitan dengan kebiasaan Jokowi yang kerap menunjuk atau me-reshuffle kabinetnya pada hari Rabu Pahing atau Legi, dan Rabu lusa adalah Wage," katanya, Selasa (12/1).

Lantas, siapa yang bakal ditunjuk Presiden Jokowi menjadi Kapolri? Neta enggan berspekulasi.

"Yang tahu persis hanya Presiden Jokowi karena soal Kapolri adalah hak prerogatifnya," ungkap Neta.

Namun, ujarnya, sejak beberapa pekan lalu ada gagasan dari lingkungan Istana Kepresidenan tentang pergantian Kapolri dan Wakapolri dilakukan dalam satu paket.

Paket itu adalah menaikkan Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono menjadi Kapolri pengganti Idham Azis. Selanjutnya, Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo naik menjadi Wakapolri menggantikan Gatot Eddy.

Neta menyebut Istana Kepresidenan makin serius membahas gagasan itu, apalagi Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) juga telah mengusulkan lima nama calon Kapolri kepada Presiden Jokowi. Di antara nama itu ada Gatot dan Sigit.

Pantauan IPW, gagasan membuat satu paket Kapolri dan Wakapolri, Komjen Gatot Eddy Pramono dan Komjen Listyo Sigit Prabowo makin menguat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close