Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sidak ke Dongala, Mendag Zulhas: Senang Rasanya Migor Curah Sesuai HET

Rabu, 29 Juni 2022 – 21:21 WIB
Sidak ke Dongala, Mendag Zulhas: Senang Rasanya Migor Curah Sesuai HET - JPNN.COM
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan saat sidak ke pasar. Foto dok humas Kemendag

jpnn.com, SULAWESI TENGAH - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan berangkat dari Jakarta menuju Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah pada Rabu (29/6), dini hari.

Zulhas ingin hadir di Pasar Pasar Toaya, saat perdagangan baru dimulai, agar bisa tahu harga bahan pokok dan migor curah, yang ditetapkan sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp 14.000 per liter.

"Saya berangkat dari Jakarta pukul 02.00 dini hari. Sampai Donggala pagi-pagi sekali untuk memastikan apakah harga minyak goreng curah di Donggala sudah sesuai HET pemerintah atau masih tinggi,” ujar Mendag Zulhas  sesaat setelah meresmikan tiga pasar rakyat secara terpusat di Pasar Toaya.

Setelah meninjau langsung Pasar Toaya, serta bertanya kepada pedagang dan pembeli, Zulhas mendapati harga minyak goreng curah stabil di harga Rp 14.000/liter.

“Setelah langsung turun ke Pasar Toaya ini, senang rasanya harga minyak goreng curah stabil sesuai HET. Hanya saja kalau minyak goreng kemasan bermerek itu tentu mengikuti nilai keekonomian. Hal yang pasti, pemerintah memastikan minyak goreng murah untuk rakyat terus terjaga ketersediaannya,” kata Mendag Zulhas.

Di Pasar Toaya, Mendag Zulhas menemukan kreativitas pedagang yang mengemas minyak goreng curah dalam botol-botol plastik.

Minyak goreng curah dijual bersama botol plastik tersebut dengan harga Rp 14.500/liter. Selisih Rp 500 dari HET menjadi biaya pengepakan botol plastik.

"Nah, agar nanti tidak ada lagi beban pedagang harus menyiapkan kemasan sendiri, pemerintah akan menyiapkan minyak goreng kemasan sederhana yang dikemas dengan baik dan terstandar. Harga jualnya akan tetap Rp 14.000/liter, mereknya Minyakita,” kata Mendag Zulhas.

Setelah meninjau langsung Pasar Toaya, serta bertanya kepada pedagang dan pembeli, Zulhas mendapati harga minyak goreng curah stabil di harga Rp 14 ribu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close