Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sidak ke Rutan Klas I Cipinang, Berikut Temuan Ombudsman RI

Selasa, 09 Mei 2023 – 16:50 WIB
Sidak ke Rutan Klas I Cipinang, Berikut Temuan Ombudsman RI - JPNN.COM
Ombudsman RI Perwakilan Jakarta saat melakukan sidak ke Rutan Klas I Cipinang, Jakarta Timur, Selasa (9/6). Foto: humas Rutan Klas I Cipinang

jpnn.com, JAKARTA - Ombudsman RI perwakilan kantor Jakarta Raya melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Rumah Tahanan (Rutan) Klas I, Cipinang, Jakarta Timur pada Selasa (9/5).

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya, Dedy Irsan menjelaskan kegiatan tersebut untuk memastikan Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam rutan telah sesuai dengan ketentuan.

"Ingin memastikan bahwa apakah prosedur pelayanan yang diberikan rutan klas I Cipinang sesuai dengan standar pelayanan dan SOP yang ada pada Kemkumham itu sendiri," kata Dedy seusai melakukan sidaknya itudi Rutan Klas I Cipinang, Jakarta Timur (9/5).

Dedy menjelaskan peninjauan terhadap pelayanan kunjungan itu mulai dari proses pendaftaran kunjungan yang telah berbasis online dengan menggunakan aplikasi SENYAMAN, pemeriksaan barang dan badan pengunjung di P2U, mekanisme penitipan barang kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) hingga ruang kunjungan bagi WBP dan pengunjung.

"Ini untuk memastikan seluruh hak-hak warga binaan itu sudah sesuai dengan Undang-undang Pemasyarakatan yang baru Nomor 22 Tahun 2022," lanjutnya. 

Dia menjelaskan pihaknya juga sudah berbincang dengan beberapa pengunjung dan warga binaan pemasyarakat mengaku tidak ada kendala yang berarti. 

"Harapan kami pelayanan ini terus ditingkatkan agar warga binaan pemasyarakatan dan pengunjung benar mendapatkan apa yang sesuai hak kewajiban," jelasnya. 

Dedy menyebutkan secara keseluruhan pelayanan di Rutan Cipinang sudah sesuai standar, tetapi masih ada beberapa temuan kecil.

Berikut temuan Ombudsman RI seusai melakukan sidak di Rutan Klas I Cipinang, Jakarta Timur

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close