Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sinkronisasi Aspek Kesejahteraan dan Pertahanan dalam Program Pembangunan Pemerintah Daerah

Oleh: Dandim 1623/Karangasem Letkol Inf Sutikno, S.M.

Selasa, 26 Maret 2024 – 08:20 WIB
Sinkronisasi Aspek Kesejahteraan dan Pertahanan dalam Program Pembangunan Pemerintah Daerah - JPNN.COM
Foto: Dandim 1623/Karangasem Letkol Inf Sutikno, S.M.

jpnn.com - Pembukaan jalan baru yang membawa manfaat untuk kesejahteraan sekaligus mendukung pertahanan.

Pembangunan daerah adalah pemanfaatan sumber daya yang dimiliki untuk peningkatan kesejahteraan masyaraat yang nyata, baik dalam aspek pendapatan, kesempatan kerja, lapangan berusaha, akses terhadap pengambilan kebijakan, berdaya saing, maupun indeks pembangunan manusia.

Sedangkan pertahanan negara merupakan segala usaha untuk menegakkan kedaulatan negara, keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan keselamatan segenap bangsa.

Terdapat dua hal penting yang dapat dicermati yaitu kesejahteraan dan pertahanan. Keduanya menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi suatu negara dan saling terkait antara satu dengan yang lainnya baik di tingkat Pusat maupun di tingkat daerah. Kesejahteraan perlu didukung dengan pertahanan yang kuat. Demikian juga pertahanan yang kuat perlu ditopang oleh kemampuan dalam berbagai bidang termasuk sektor ekonomi.

Di sinilah perlunya sinkronisasi aspek kesejahteraan dan aspek pertahanan dalam program pembangunan pemerintah khususnya di daerah dengan harapan baik aspek pertahanan maupun kesejahteraan di seluruh wilayah Indonesia bisa semakin kuat yang bermuara pada pertahanan negara secara umum lebih tangguh.

TMMD sebagai Salah Satu Bentuk Sinkronisasi

Kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) merupakan keterpaduan antara TNI bersama Pemerintah Daerah sebagai upaya percepatan terobosan pembangunan di daerah pedesaan serta sebagai langkah peningkatan infrastruktur dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kodim 1623 Karangasem sebagai bagian dari TNI mendapatkan amanat untuk menjalankan TMMD ke-119 Tahun Anggaran 2024 yang berlokasi di Desa Selumbung Kecamatan Manggis Kabupaten Karangasem Provinsi Bali.

Pembukaan jalan baru yang membawa manfaat untuk kesejahteraan sekaligus mendukung pertahanan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close