Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sisi Buruk Krisis Sudah Berlalu

Jumat, 31 Oktober 2008 – 10:57 WIB
Sisi Buruk Krisis Sudah Berlalu - JPNN.COM
Foto : AP
PERAIH Nobel Ekonomi 1999 Robert A. Mundell punya analisis tentang krisis ekonomi dunia. Menurut dia, bagian terburuk dari krisis telah berlalu. Begitu pula perekonomian Amerika saat ini memasuki fase recovery.

''Perekonomian dunia tidak seburuk yang diberitakan,'' ujarnya saat presentasi pada World Leaders Forum untuk memperingati 60 tahun berdirinya Korsel di Seoul kemarin (30/10). ''Ekonomi riil belum kolaps. Bagian terburuk (dari krisis) sudah terlewati,'' lanjutnya seperti dikutip kantor berita Yonhap.

Profesor ekonomi di Columbia University, New York, tersebut menilai pertumbuhan AS cukup bagus selama tiga triwulan pertama 2007. ''Tapi, dua triwulan berikutnya pertumbuhannya nyaris nol atau menuju resesi,'' katanya. Selanjutnya, pada triwulan II tahun ini pertumbuhan AS menguat lagi ke level 3,3 persen. Pada triwulan III (hingga September) ini dia meramalkan pertumbuhan AS mungkin berkisar 2 persen.

Penasihat ekonomi sejumlah organisasi internasional, termasuk PBB dan IMF, tersebut menggarisbawahi bahwa pola perlambatan ekonomi di AS dan Eropa akhir-akhir ini hampir sama dengan yang terjadi pada 2002. ''Saat itu AS yang mengalami pertama kali. Disusul Eropa delapan bulan kemudian,'' ujar pria yang meraih Nobel berkat analisisnya tentang kebijakan fiskal dan moneter di bawah rezim nilai tukar berbeda tersebut.

PERAIH Nobel Ekonomi 1999 Robert A. Mundell punya analisis tentang krisis ekonomi dunia. Menurut dia, bagian terburuk dari krisis telah berlalu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA