Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sistem Radar Sering Mati, Masih Dianggap Aman

Sabtu, 29 Oktober 2011 – 10:35 WIB
Sistem Radar Sering Mati, Masih Dianggap Aman - JPNN.COM
TANGERANG –  Meski sering mati dan menyebabkan penerbangan terganggu, pengelola Bandara Soetta masih bersikukuh  bahwa sistem radar yang dioperasikan itu masih aman dan dapat berfungsi dengan baik. “Kami jamin system radar pengatur penerbangan pesawat di Bandara Soetta masih aman dan layak pakai,” kata GM Air Traffic Controller (ATC) PT Angkasa Pura II, Weda Yuwarna.

Weda mengakui, software radar  bandara Soetta yang sudah dioperasikan sejak tahun 1996 itu sudah tergolong tua. Meski begitu, ia meyakini, bahwa alat itu masih layak dipergunakan untuk mengatur penerbangan pesawat.

Apalagi, kata Weda, selain mengandalkan sistem utama pihaknya juga mengerahkan sistem  yang berlapis-lapis. ATC juga mengunakan sistem prosedural. Mengontrol tanpa radar dan berkomunikasi dengan pilot pesawat.

Dia mengatakan, dalam sehari ada sekitar 14 sektor radar di mana di dalamnya terdapat 30-an komputer yang bisa memonitor 2.000 pesawat yang melintas dalam sehari di udara. Sedangkan di Bandara Soetta sendiri ada sekitar 1.500 pesawat.

 

TANGERANG –  Meski sering mati dan menyebabkan penerbangan terganggu, pengelola Bandara Soetta masih bersikukuh  bahwa sistem radar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA