Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Siswa Lebih Hapal Sambalado ketimbang Lagu Nasional

Selasa, 11 April 2017 – 05:33 WIB
Siswa Lebih Hapal Sambalado ketimbang Lagu Nasional - JPNN.COM
Ayu Ting Ting. Foto dok JPNN.com

jpnn.com - Kepopuleran lagu dangdut Sambalado, yang dinyanyikan pedangdut Ayu Ting Ting ternyata sangat luar biasa. Terutama di kalangan mereka yang masih duduk di bangku sekolah.

Yang menyendihkannya, para pelajar ini justru tidak lebih hapal lirik Sambalado ketimbang lagu-lagu nasional seperti Bagimu Negeri, 17 Agustus, Rayuan Pulau Kalapa, Satu Nusa Satu Bangsa atau Berkibarlah Benderaku.

Fenomena tersebut terungkap, ketika Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) Dadang S Muchtar melakukan kunjungan ke SMPN 6 Karawang Barat.

“Lagu wajib memang tidak sekental dahulu, pelajar yang harus hafal diluar kepala. Tapi sekarang hanya di dengar pada momen-momen tertentu, seperti saat perayaan kemerdekaan RI atau upacara bendera,” ujar Dasim, sapaan akrab Dadang usai melakukan sosialisasi kepada pelajar dan Aparatur Sipil Negara (ASN) guru di SMPN 6 Karawang Barat.

Menurutnya, siswa mulai tak tertarik untuk belajar lagu-lagu nasional. Malahan dominan hafal lagu dangdut atau pop yang tenar saat ini.

Dadang pun membuktikan dengan bertanya langusng kepada siswa dan juga guru di SMPN 6. Hasilnya, Sambalado jauh lebih populer di antara meraka.

“Saya tes guru dan pelajar salah satu lagu wajib nasional ada yang tidak hafal. Malahan baru dengar judul lagu (nasional) tersebut. Jangan sampai lagu nasional jadi terlupakan dan tenggelam oleh jaman,” katanya.

Untuk menumbuhkan nasionalisme, Dasim meminta tenaga pendidik dapat memberikan pembelajaran lagu wajib nasional, khususnya untuk guru mata pelajaran yang berkaitan.

Kepopuleran lagu dangdut Sambalado, yang dinyanyikan pedangdut Ayu Ting Ting ternyata sangat luar biasa. Terutama di kalangan mereka yang masih duduk

Sumber PojokBandung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close