Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Situasi Kondusif, Masyarakat Homeyo Intan Jaya Kembali dari Pengungsian

Minggu, 19 Mei 2024 – 13:54 WIB
Situasi Kondusif, Masyarakat Homeyo Intan Jaya Kembali dari Pengungsian - JPNN.COM
Koops TNI Habema bersama masyarakat Distrik Homeyo yang telah kembali dari pengungsian selama tiga minggu. Foto: ANTARA/HO-Komando Operasi TNI Habema

jpnn.com, INTAN JAYA - Masyarakat Distrik Homeyo Kabupaten Intan Jaya, Papua Pegunungan yang sempat mengungsi telah kembali dari pengungsian setelah situasi kondusif pascaserangan Organisasi Papua Merdeka beberapa waktu lalu.

Panglima Kogabwilhan III Letjen TNI Richard T.H Tampubolon melalui rilis diterima ANTARA di Timika, Minggu, mengatakan setelah serangan OPM, pihaknya gencar melakukan operasi pengamanan di wilayah Distrik Homeyo.

"Operasi ini melibatkan satuan dari jajaran Koops TNI Habema, Satgas Nanggala Kopassus dan Kodim Persiapan Intan Jaya," katanya.

Menurut Richard, usaha aparat gabungan tersebut membuahkan hasil dan pada Sabtu (18/5), warga Distrik Homeyo, Intan Jaya, kembali dari tempat pengungsian.

"Warga menunggu selama tiga minggu dan kembali ke Distrik Homeyo setelah situasi keamanan sudah kembali kondusif," ujarnya.

Dia menjelaskan rentetan aksi serangan OPM, di antaranya pada 30 April 2024 yang mengakibatkan seorang remaja meninggal dunia.

"Juga pembakaran bangunan SD Inpres Pogapa 1 Mei 2024 dan menyerang Koramil 1705-05/Homeyo pada 2 Mei 2024," katanya lagi.

Sekretaris Distrik Homeyo Hengki Bagubau menambahkan pihaknya sangat berterima kasih atas upaya dan kerja keras Koops TNI Habema sehingga warga dapat kembali dari tempat pengungsian ke wilayah ini dengan aman.

Masyarakat Distrik Homeyo Kabupaten Intan Jaya, Papua Pegunungan yang sempat mengungsi telah kembali dari pengungsian setelah situasi kondusif.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close