Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Situs Purbakala 3.000 Tahun Ditemukan

Jumat, 06 Maret 2009 – 15:20 WIB
Situs Purbakala 3.000 Tahun Ditemukan - JPNN.COM
JAKARTA - Situs purbakala yang diperkirakan berusia 3.000 tahun, ditemukan oleh tim yang dikomandoi Prof Truman Simanjuntak dari Pusat Penelitian Arkeologi Nasional (Puslit Arkenal), Departemen Kebudayaan dan Pariwisata (Depbudpar) RI. Situs tersebut - termasuk kerangka manusia berukuran dua meter - ditemukan di Goa Harimau, Desa Padang Bindu, Kecamatan Semidang Aji, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan.

Tim Arkenal yang terjun langsung ke lokasi tersebut, akan mengangkat kerangka itu sekitar 2010 mendatang. Berikutnya, hasil temuan itu akan diteliti lebih lanjut di Puslit Arkenal, Jl Raya Condet Pejaten No.4, Jakarta, di bawah pimpinan Kepala Puslitbang Arkenal, Tony Djubiantono.

Tim Arkenal yang berjumlah 10 orang, yang menemukan empat kerangka manusia di Goa Harimau tersebut, menyatakan bahwa kerangkanya masih utuh. Selain kerangka manusia yang ditemukan di dekat Goa Putri itu, juga ditemukan lukisan di dinding goa yang selama ini belum pernah ditemukan pada berbagai penelitian goa di seluruh Indonesia.

“Ya, kita sudah temukan kerangka itu. Kami masih mendalaminya,” ujar Truman kepada JPNN, Jumat (6/3).

JAKARTA - Situs purbakala yang diperkirakan berusia 3.000 tahun, ditemukan oleh tim yang dikomandoi Prof Truman Simanjuntak dari Pusat Penelitian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close