Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

SKI: Santri Masa Kini Harus Mengambil Peran

Minggu, 23 Oktober 2022 – 21:27 WIB
SKI: Santri Masa Kini Harus Mengambil Peran - JPNN.COM
SKI memandang hakikat peringatan Hari Santri adalah peringatan pewarisan semangat pembebasan dan emansipasi kepada generasi muda santri Indonesia. Foto: Humas Kemenkumham Jatim

jpnn.com, JAKARTA - Sekretariat Kolaborasi Indonesia (SKI) memandang hakikat peringatan Hari Santri adalah peringatan pewarisan semangat pembebasan dan emansipasi kepada generasi muda santri Indonesia.

”Jika KH Hasyim Asyari dulu menggelorakan jihad untuk melawan penjajah, maka santri di masa kini dapat mengambil peran sebagai benteng rakyat dalam menghadapi ketidakadilan sosial,” ujar Sekjen SKI Raharja Waluya Jati, Sabtu (22/10/2022) dalam keterangan tertulisnya.

Kalangan santri se-Indonesia memperingati Hari Santri yang ke -7. Pemerintah menetapkan 22 Oktober sebagai Hari Santri dengan merujuk pada peristiwa resolusi jihad 22 Oktober 1945, di mana pada saat itu KH Hasyim Asy’ari menggerakkan kekuatan santri, pemuda, dan masyarakat untuk melawan penjajahan bangsa Eropa.

Menurut Jati, keterlibatan para santri dalam mengadvokasi berbagai kasus ketidakadilan sangat dibutuhkan.

"Pesantren memiliki sumbangsih yang besar dalam pembentukan dan pembangunan bangsa Indonesia. Di luar kontribusi yang masif di bidang pendidikan, kaum santri melakukan berbagai prakarsa guna menjawab persoalan kemiskinan dan ketimpangan ekonomi masyarakat,” lanjutnya.

SKI berharap kaum santri dapat penjadi penggalang solidaritas yang tangguh di tengah perekonomian yang merosot serta munculnya ancaman krisis pangan dan resesi dunia. Kunci sukses sebuah bangsa dalam menghadapi ancaman krisis, adalah persatuan masyarakat yang kokoh.

”Narasi-narasi pembelahan yang dibawakan buzzer politik dapat menggerogoti sendi-sendi persatuan bangsa. Hal tersebut perlu direspon kaum santri dengan narasi-narasi yang menekankan kolaborasi untuk menghadapi krisis,” pungkas Jati. (mcr10/jpnn)

SKI memandang hakikat peringatan Hari Santri adalah peringatan pewarisan semangat pembebasan dan emansipasi kepada generasi muda santri Indonesia.

Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close