Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Analisis: Prabowo Capres Koalisi Besar, Cawapres Lebih Baik Airlangga dari Cak Imin

Selasa, 11 April 2023 – 21:14 WIB
Analisis: Prabowo Capres Koalisi Besar, Cawapres Lebih Baik Airlangga dari Cak Imin - JPNN.COM
Pakat komunikasi politik Univeristas Eza Unggul Jamiluddin Ritonga. dok for jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga setuju dengan prediksi bahwa Koalisi Besar bakal mengusung Prabowo Subainto sebagai calon presiden (Capres).

Lalu untuk calon wakil presiden, Jamiluddin mengatakan, ada dua kandidat internal di Koalisi Besar, yakni Ketum Golkar Airlangga Hartarto dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

“Tentu kinerja Airlangga lebih baik. Airlangga selama menjadi menteri, khususnya saat dan pasca pandemi Covid-19, kinerja sudah teruji. Sementara Cak Imin hingga saat ini belum terlihat kinerjanya,” ujar Jamiluddin saat dihubungi, Selasa (11/4).

Kemampuan memimpin Airlangga, lanjut dia, juga terlihat lebih baik daripada Cak Imin. Hal itu terlihat, di saat krisis Airlangga tetap mampu memimpin dengan baik. Hal itu tidak terlihat pada sosok cak Imin.

“Dari segi kekuatan partai, Golkar lebih banyak kursinya di DPR daripada PKB. Ini artinya, perolehan suara Golkar pada Pileg 2019 jauh lebih besar ketimbang PKB,” imbuhnya.

Akan tetapi, pekerjaan rumah dari dua tokoh yakni Airlangga dan Cak Imin memiliki elektabilitas yang relatif rendah. Karena itu, kedua sosok ini dianggap tidak membantu signifikan Prabowo dalam perolehan suara.

Sementara, Jamiluddin tak menutup kemungkinan peluang Prabowo akan mengambil cawapres dari luar Koalisi Besar. Hal ini guna membantu perolehan elektoral di Pemilu 2024.

Sementara itu, Ketua DPP Partai Golkar Lamhot Sinaga mengungkapkan, sosok Airlangga Hartarto memiliki kans yang besar untuk dapat diusung menjadi capres atau cawapres di Pemilu 2024. Termasuk diusung oleh koalisi besar yang terdiri dari lima parpol pendukung pemerintah.

Siapa cawapres terbaik untuk diusung Koalsi Besar mendampingi Prabowo Subianto? Cak Imin atau Airlangga Hartarto?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close